Sukses

Korea Utara Tembakkan Rudal ke Jepang, Warga Diminta Segera Berlindung

Korea Utara menembakkan rudal ke arah Jepang.

Liputan6.com, Seoul - Korea Utara menembakkan rudal balistik pada hari Kamis (3 November) yang terbang di atas wilayah Jepang. Ini merupakan penerbangan uji kedua dalam sebulan untuk terbang di atas negara itu dalam rekor tahun pengujian rudal.

Dilansir Channel News Asia, Kamis (3/11/2022), peluncuran itu dilakukan sehari setelah Korea Utara menembakkan setidaknya 23 rudal, paling banyak dalam satu hari, termasuk yang mendarat di lepas pantai Korea Selatan untuk pertama kalinya.

Penduduk prefektur Miyagi, Yamagata dan Niigata di Jepang tengah diperingatkan untuk mencari perlindungan di dalam ruangan, menurut Sistem Penyiaran Darurat J-Alert

Sekitar 25 menit setelah peluncuran pertama kali dilaporkan, Penjaga Pantai Jepang mengatakan rudal itu telah jatuh ke Samudra Pasifik.

Militer Korea Selatan juga melaporkan peluncuran rudal tersebut, yang dilakukan di atas pantai timur Korea Utara.

Kantor berita Yonhap melaporkan rudal itu melewati tahap pemisahan, menunjukkan itu mungkin senjata jarak jauh.

Setelah Korea Utara menembakkan setidaknya 23 rudal ke laut pada hari Rabu, termasuk yang mendarat kurang dari 60 km di lepas pantai Korea Selatan, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol menggambarkan peluncuran itu sebagai "perambahan wilayah" dan Washington mengecamnya "sembrono".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Korea Selatan

Korea Selatan mengeluarkan peringatan serangan udara yang langka dan meluncurkan rudalnya sendiri sebagai tanggapan setelah serangan hari Rabu.

Peluncuran itu dilakukan setelah Pyongyang menuntut Amerika Serikat dan Korea Selatan menghentikan latihan militer skala besar, dengan mengatakan "ketergesaan dan provokasi militer tidak dapat lagi ditoleransi".

Sekutu telah melakukan salah satu latihan udara terbesar yang pernah ada, dengan ratusan pesawat tempur Korea Selatan dan AS, termasuk pesawat tempur F-35, melakukan misi simulasi sepanjang waktu.

3 dari 4 halaman

Saling Balas Tembak Rudal Lintas Perbatasan

Korea Utara dan Korea Selatan sama-sama menembakkan rudal melintasi perbatasan laut mereka untuk pertama kalinya.

Korea Selatan membalas pada hari Rabu, tiga jam setelah Pyongyang menembakkan rudal yang mendarat kurang dari 60 km (37 mil) dari kota timur Sokcho.

Seoul mengatakan penembakan seperti itu merupakan pelanggaran yang "tidak dapat diterima" atas wilayahnya. Pihaknya menembakkan tiga rudal udara-ke-darat sebagai tanggapan, yang menurut para pejabat mendarat dengan jarak yang sama melewati Garis Batas Utara.

4 dari 4 halaman

Rudal di Korsel

Korsel menembakkan tiga rudal presisi udara-ke-darat dari pesawat tempur di perairan lepas pantai timurnya.

Pyongyang belum menanggapi peluncuran terbaru Korea Selatan, tetapi penembakan tersebut merupakan peningkatan yang nyata dalam permusuhan di seluruh semenanjung tahun ini, yang telah menyaksikan lebih dari 50 peluncuran rudal dari Korea Utara.

Itu terjadi ketika Barat telah bersiap untuk uji coba senjata nuklir potensial dari Utara, dengan laporan intelijen menunjukkan Pyongyang sedang bersiap untuk melakukan uji coba pertamanya sejak 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.