Sukses

Perdana Korea Utara dan Korea Selatan Saling Balas Tembak Rudal Lintas Perbatasan

Korea Utara dan Korea Selatan saling berbalasan mengirim rudal.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara dan Korea Selatan sama-sama menembakkan rudal melintasi perbatasan laut mereka untuk pertama kalinya.

Korea Selatan membalas pada hari Rabu, tiga jam setelah Pyongyang menembakkan rudal yang mendarat kurang dari 60 km (37 mil) dari kota timur Sokcho.

Dilansir BBC, Rabu (2/11/2022), Seoul mengatakan penembakan seperti itu merupakan pelanggaran yang "tidak dapat diterima" atas wilayahnya. Pihaknya menembakkan tiga rudal udara-ke-darat sebagai tanggapan, yang menurut para pejabat mendarat dengan jarak yang sama melewati Garis Batas Utara.

Korsel mengatakan Korut menembakkan sedikitnya 10 rudal pada Rabu. Ini diyakini sebagai tanggapan atas latihan militer bersama yang dilakukan oleh AS dan Korea Selatan minggu ini.

Setidaknya salah satu rudal - diluncurkan sebelum pukul 09:00 (00:00 GMT) pada hari Rabu - mendarat sekitar 26 km selatan perbatasan, 57 km timur Sokcho dan 167 km barat laut pulau Ulleung.

Peluncuran itu telah memicu sirene serangan udara di Ulleung, dan penduduk diperintahkan untuk mengungsi ke tempat penampungan bawah tanah. Peluncuran tersebut segera ditanggapi oleh otoritas Korea Selatan dan Jepang yang dengan cepat mengutuk eskalasi dari Pyongyang.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol menyebutnya sebagai "invasi teritorial yang efektif" dan bersumpah akan memberikan "tanggapan cepat dan tegas". Namun, negara-negara secara teknis hanya memiliki hak untuk menetapkan laut teritorialnya hingga batas tidak melebihi 12 mil laut (22 km).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rudal dari Korsel

Sekitar tiga jam kemudian, Korsel menembakkan tiga rudal presisi udara-ke-darat dari pesawat tempur di perairan lepas pantai timurnya.

Pyongyang belum menanggapi peluncuran terbaru Korea Selatan, tetapi penembakan tersebut merupakan peningkatan yang nyata dalam permusuhan di seluruh semenanjung tahun ini, yang telah menyaksikan lebih dari 50 peluncuran rudal dari Korea Utara.

Itu terjadi ketika Barat telah bersiap untuk uji coba senjata nuklir potensial dari Utara, dengan laporan intelijen menunjukkan Pyongyang sedang bersiap untuk melakukan uji coba pertamanya sejak 2017.

3 dari 4 halaman

Saling Balas Rudal

Korea Utara pada hari Selasa mengeluarkan pernyataan yang mengancam sekutu untuk menghentikan latihan bersama, mengatakan mereka akan menghadapi "langkah-langkah kuat" lebih lanjut jika tidak.

Pada Rabu pagi, Korea Selatan menembakkan setidaknya 10 rudal dari berbagai jenis ke arah "timur dan barat", kata militer Korea Selatan. Salah satu rudal itu telah menembus Garis Batas Utara - perbatasan laut de facto.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Atas Latihan Bersama

Peluncuran Korea Utara pada hari Rabu menyusul serangan rudal yang ditembakkan bulan lalu yang dikatakan juga sebagai tanggapan atas latihan bersama AS, Korea Selatan dan Jepang.

Itu menggambarkan tanggapannya sebagai "simulasi" untuk serangan nuklir di Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.