Sukses

Suami Ketua DPR AS Nancy Pelosi Diserang, Pelaku Didakwa Perampokan hingga Percobaan Pembunuhan

Paul Pelosi, suami dari Nancy Pelosi mengalami serangan oleh orang tak dikenal.

Liputan6.com, Washington - Pria yang diduga menyerang Paul Pelosi, suami Ketua DPR Nancy Pelosi, telah didakwa dengan serangkaian kejahatan, termasuk penyerangan, percobaan pembunuhan dan percobaan penculikan. Dakwaan ini menyusul pembobolan minggu lalu di rumah pasangan itu di San Francisco.

Dilansir CNN, Selasa (1/11/2022), David DePape (42) didakwa dengan satu tuduhan "percobaan penculikan seorang pejabat AS," menurut kantor pengacara AS untuk Distrik Utara California. Tuduhan itu berkaitan dengan Nancy Pelosi, yang DePape katakan kepada polisi bahwa dia berencana untuk "menahan sandera," menurut pernyataan tertulis FBI yang juga dibuka pada hari Senin.

Tuduhan percobaan penculikan berpotensi maksimum 20 tahun penjara.

DePape juga didakwa dengan satu tuduhan penyerangan terhadap anggota keluarga dekat seorang pejabat AS dengan maksud untuk membalas pejabat tersebut. Tuduhan itu berkaitan dengan kejahatan yang diduga dilakukan terhadap Paul Pelosi dan diancam hukuman maksimal 30 tahun penjara.

Tuduhan federal terhadap DePape adalah tambahan dari dakwaan negara bagian, yang menurut jaksa wilayah San Francisco termasuk “percobaan pembunuhan, perampokan perumahan, penyerangan dengan senjata mematikan, pelecehan orang tua, pemenjaraan palsu terhadap seorang penatua, serta ancaman terhadap pejabat publik dan keluarganya.”

Berdasarkan dakwaan negara bagian saat ini, DePape menghadapi 13 tahun penjara seumur hidup, kata Jaksa Distrik San Francisco Brooke Jenkins. Dia mengatakan DePape diharapkan di pengadilan untuk dakwaannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bermotif Politik

Jenkins mengatakan pada konferensi persnya bahwa serangan Pelosi itu "bermotif politik".

“Ya, sepertinya ini, berdasarkan pernyataan dan komentarnya yang dibuat di rumah itu selama pertemuannya dengan Pak Pelosi, bahwa ini bermotif politik,” kata Jenkins.

CNN melaporkan sebelumnya bahwa Paul Pelosi diwawancarai akhir pekan ini di rumah sakit oleh penyelidik dan dapat memberikan rincian serangan itu, menurut dua sumber penegak hukum dan sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Di antara mereka yang melakukan wawancara adalah FBI dan penyelidik penegak hukum setempat.

3 dari 4 halaman

Panggilan ke 911

“Pelosi menyatakan kata-kata bahwa ada laki-laki di rumah dan laki-laki itu akan menunggu istri Pelosi. Lebih lanjut Pelosi menyampaikan belum mengetahui siapa laki-laki tersebut. Laki-laki itu mengatakan namanya David," kata seorang agen FBI dalam pernyataan tertulis yang dibuka pada Senin.

Paul Pelosi menelepon 911 pada pukul 2:23 pagi waktu setempat pada hari Jumat, dan polisi tiba di rumahnya delapan menit kemudian, menurut pernyataan tertulis yang dibuka pada hari Senin.

4 dari 4 halaman

Paul Dibawa ke Rumah Sakit

Paul Pelosi kemudian dibawa ke rumah sakit dan menjalani "operasi untuk memperbaiki patah tulang tengkorak dan cedera serius pada lengan dan tangan kanannya," menurut siaran pers sebelumnya dari kantor Ketua DPR Nancy Pelosi.

Mereka mengatakan bahwa mereka mengharapkan Paul Pelosi untuk pulih sepenuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.