Sukses

Anda Perlu Tahu, Ini Cara Membersihkan Pusar di Perut

Hal sepele yang terkadang dilewatkan ternyata dapat menyebabkan kesehatan tubuh terganggu, misalnya membersihkan pusar.

Liputan6.com, Jakarta - Menggosokkan waslap atau loofah dan sabun secara sembarangan di perut mungkin cukup baik untuk membersihkan permukaan kulitnya, tetapi membersihkan pusar dengan benar membutuhkan sedikit perawatan dan perhatian ekstra, dilansir dari situs Mentalfloss, Senin (24/10/2022).

Detailnya tergantung pada jenis pusar yang Anda miliki. Jika pusar Anda outies (menonjol ke luar/bodong), berbahagialah, proses pembersihan pusar Anda lebih mudah. Para ahli umumnya setuju bahwa yang perlu Anda lakukan hanyalah menyabuni waslap lalu menggosokan pada pusar dengan lembut.

Sabun dan waslap juga bisa digunakan untuk jenis innie (cekung ke dalam), tetapi Anda mungkin memerlukan alat yang sedikit lebih khusus, yaitu Q-tip atau cottonbud (korek kuping) dan sedikit alkohol, seperti yang dijelaskan oleh Healthline.

Sebelum Anda mandi, lapisi cottonbud dengan alkohol dan gosok perlahan semua lipatan pusar Anda. Jika cottonbud kotor, segera ganti yang baru. Setelah selesai, ulangi prosesnya dengan air untuk menghilangkan kelebihan alkohol untuk mencegah kulit Anda menjadi kering. Karena alkohol bisa keras pada kulit sensitif, beberapa dokter menyarankan untuk cukup menggunakan sabun dan air.

Tidak ada keterangan medis yang mengharuskan Anda membersihkan pusar dengan frekuensi tertentu.

“Saya merekomendasikan pasien membersihkan pusar mereka setiap hari di kamar mandi dengan sabun dan air yang lembut,” kata dokter kulit Dr. Susan Bard kepada Teen Vogue.

Sumber lain mengatakan satu sampai dua kali seminggu sudah cukup. Tentunya, jika mulai berbau aneh, Anda harus segera membersihkan si kecil demi kesehatan Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Terjadi Jika Pusar Tidak Dibersihkan?

Bau yang tidak sedap bukan satu-satunya masalah yang dapat ditimbulkan oleh pusar yang kotor. Lipatan kecil itu adalah taman bermain bakteri.

“Kelembaban cenderung menggenang di sana dan area tersebut menjadi seperti cawan petri,” kata Dr. Gary Goldenberg kepada Shape. "Itu saja sudah cukup untuk menyebabkan infeksi."

Minyak, kotoran, keratin, dan kotoran lainnya juga dapat menumpuk seiring waktu dan mengeras menjadi batu cokelat atau hitam keras yang dikenal sebagai omphalolith, atau batu pusar.

Jika itu tidak cukup untuk meyakinkan Anda agar membersihkan pusar secara teratur, kami tidak tahu apa yang akan terjadi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu, hal sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat kesehatan tubuh Anda adalah tidur nyenyak. 

Ketika Anda mulai menguap di sore hari, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda hanya bosan, atau rutinitas tidur Anda kurang. Tahukah Anda bahwa tidur yang buruk dapat berdampak negatif pada suasana hati dan produktivitas Anda?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), tidak mendapatkan jumlah waktu yang cukup untuk tidur bahkan dapat menempatkan Anda pada risiko lebih besar mengalami kecelakaan mobil.

Maka sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup secara teratur. Tidur juga harus berkualitas baik.

Mengutip Eat This, Not That, Senin (24/10/2022), Dr. Mike Bohl, MD, MPH, ALM, Direktur Konten & Pendidikan Medis di Ro, mengungkapkan bahwa tidur nyenyak sangat penting, karena memiliki dampak besar pada kesehatan mental dan fisik Anda. 

Saat Anda tertidur, otak Anda tetap cukup aktif, dan beberapa hal bermanfaat terjadi.

"Pertama, otak Anda mampu membersihkan racun yang menumpuk sepanjang hari saat Anda terjaga," ucap dr Bohl.

"Kedua, tidur memberi waktu pada otak untuk memproses ingatan, mengubah ingatan jangka pendek menjadi ingatan jangka panjang, dan membuang ingatan yang tidak dibutuhkan."

"Ketiga, sel-sel otak memiliki kesempatan untuk mengatur ulang diri mereka sendiri selama tidur,” tambahnya.

Semua hal ini berkontribusi untuk meremajakan tubuh dan membantu mempercepat proses pemulihan. Tidur yang cukup juga mempersiapkan otak Anda untuk membuat keputusan, berkonsentrasi dengan baik, dan menyerap info baru keesokan harinya.

"Hormon tertentu dilepaskan saat Anda tidur, dan fungsi seperti perbaikan jaringan dan perbaikan otot terjadi dalam semalam," kata dr. Bohl. 

 

4 dari 4 halaman

Berapa Lama dan Bagaimana Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas?

Dr. Bohl menjelaskan, "Kebutuhan tidur sebenarnya bergantung pada usia. Secara umum, semakin tua Anda, semakin sedikit tidur yang dibutuhkan. “

Misalnya, bayi membutuhkan 12 hingga 15 jam tidur per malam, anak-anak membutuhkan 9 hingga 11 jam per malam, dewasa muda dan dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam per malam, dan orang dewasa yang lebih tua membutuhkan 7 hingga 8 jam per malam.

Waktu setiap orang untuk mengisi ulang bervariasi. Sangat penting untuk memperhatikan kebutuhan tubuh Anda sendiri. Misalnya, jika Anda merasa lelah setelah tidur nyenyak selama delapan jam, Anda jelas tidak cukup istirahat. Beberapa orang kelelahan saat akhir pekan, yang bisa berarti mereka tidak cukup tidur selama seminggu. 

Cara meningkatkan kualitas tidur

Untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, pastikan Anda berolahraga setiap hari. CDC berbagi bahwa melatih otot Anda dapat mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur dengan mudah.

Pastikan kamar tidur Anda juga siap untuk istirahat malam yang nyenyak. Ciptakan ruangan yang gelap, nyaman, dan tenang atau pertimbangkan untuk membeli masker mata berbahan sutra yang nyaman untuk menghalangi cahaya.

Rutinitas malam hari bisa sangat membantu. Cobalah untuk memiliki waktu tidur tetap dan bangun yang konsisten, tujuh hari seminggu.

Ada juga beberapa hal yang harus Anda hindari sebelum memukul seprai. Pastikan Anda menghilangkan tembakau, kafein, makanan besar, minuman beralkohol, dan barang elektronik apa pun termasuk ponsel, laptop, dan bahkan menonton acara TV favorit Anda.

Penulis: Safinatun Nikmah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.