Sukses

Xi Jinping Tak Pilih Pemimpin Wanita di Partai Komunis China, Kenapa?

Xi Jinping tidak memilih pemimpin wanita dalam anggota Komite Tetap.

Liputan6.com, Beijing - Kongres Partai Komunis telah mengungkap ketidakseimbangan gender yang mencolok di eselon atas politik China, dengan tidak ada seorang pun wanita yang menjadi anggota Politbiro di antara 24 orang untuk pertama kalinya dalam setidaknya seperempat abad.

Saat Xi Jinping dan sekutunya memusatkan kekuasaan selama akhir pekan, pemimpin wanita tertinggi partai itu pensiun.

Dilansir Channel News Asia, Senin (24/10/2022), politisi veteran Sun Chunlan, yang juga merupakan wakil perdana menteri yang mengawasi kebijakan kesehatan China, absen dari daftar Komite Sentral yang diterbitkan Sabtu, yang berarti dia telah mengundurkan diri.

Di partai politik terbesar di dunia - yang memiliki 96 juta anggota aktif - perempuan tidak pernah memegang banyak kekuasaan, bahkan sekarang berperan lebih sedikit.

Mereka hanya terdiri dari 5 persen dari 205 anggota Komite Sentral baru partai, sementara Komite Tetap tujuh anggota - puncak kekuasaan China - mayoritasnya tetap laki-laki dan dipimpin oleh Xi.

Sun (72) adalah satu-satunya wanita di bekas Politbiro, badan pengambil keputusan eksekutif partai.

Sering dikirim untuk memeriksa kota-kota China dalam cengkeraman wabah Covid-19 yang melonjak, mantan ketua partai provinsi Fujian dan kotamadya Tianjin menjadi wajah publik dari kebijakan nol-COVID, memerintahkan tindakan keras ke mana pun dia pergi, mendorong julukan "Wanita Besi ".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jarang Muncul dalam Politik China

Tetapi tokoh-tokoh seperti Sun jarang ada dalam politik China, di mana jaringan patronase laki-laki dan seksisme yang mendarah daging telah menghalangi karir para kandidat yang menjanjikan, kata para ahli.

Ini jauh dari janji nenek moyang Partai Komunis Mao Zedong bahwa "perempuan mengangkat separuh langit".

"Komitmen Partai Komunis China terhadap hak-hak perempuan menurut saya lebih seperti komitmen untuk memajukan hak-hak ekonomi perempuan," kata Minglu Chen, dosen senior di University of Sydney.

3 dari 4 halaman

Patriarki

Chen menambahkan bahwa Partai Komunis pada dasarnya adalah institusi maskulin dan patriarki, dari akarnya sebagai gerakan sosial hingga saat ini.

China hampir seluruhnya seragam, terutama karena kurangnya perempuan dalam politik.

Konservatisme sosial yang berlaku dan represi aktivisme hak-hak perempuan rumah tangga telah membuat perempuan sulit untuk menentang harapan bahwa mereka akan memprioritaskan kehidupan keluarga di atas karier mereka.

4 dari 4 halaman

Perempuan Didorong untuk Melahirkan

China bersikap demikian lantaran mendorong wanita untuk memiliki bayi untuk mengimbangi populasi China yang menua dengan cepat. Wanita muda terutama merasa terganggu dengan hal ini, sebagian karena kurangnya dukungan kebijakan untuk ibu yang bekerja.

"Banyak wanita berbicara tentang bagaimana mereka tidak dapat menyulap peran ganda menjadi ibu, istri, dan pekerja yang baik," kata Chen.

Dia menambahkan bahwa sebagian besar pejabat provinsi yang dipilih untuk promosi memiliki beberapa gelar pendidikan tinggi - prasyarat yang merugikan perempuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.