Sukses

Ini Sederet Anggota Komite Tetap Politbiro China, Loyalis yang Bikin Xi Jinping Makin Kuat

Sejumlah nama dalam anggota Komite Tetap Politbiro China.

Liputan6.com, Beijing - Partai Komunis China akhirnya mengumumkan orang-orang yang akan memerintah China selama lima tahun ke depan.

Dilansir BBC, Senin (24/10/2022), Komite Tetap Politbiro setara dengan kabinet presidensial China.

Ini dianggap sebagai bagian terelit dari elit di dalam partai, dan untuk mencapai puncak seringkali tidak hanya membutuhkan rekam jejak politik yang bagus, tetapi juga manuver yang cekatan dari persaingan internal.

Bukan hal yang aneh melihat perombakan besar-besaran Komite Tetap setelah masa jabatan berakhir, dan kali ini tidak berbeda.

Secara efektif dipilih sendiri oleh Presiden Xi Jinping, kebanyakan dari mereka baru bergabung dengan tim selain Zhao Leji dan Wang Huning. Sebagian besar dari mereka pun terlihat sebagai loyalis Xi.

Inilah orang-orang yang, dipimpin oleh Presiden Xi Jinping, menjadi pusat kekuasaan China.

1. Li Qiang, Usia 63 Tahun

Jabatan politik saat ini: Sekretaris Partai ShanghaiDilihat sebagai rekan junior paling tepercaya Xi, Li bekerja di kabupaten kecil di provinsi Zhejiang. Ketika Xi menjadi ketua partai di Zhejiang, Li menjabat sebagai kepala stafnya.

Penanganan timnya terhadap wabah Covid di Shanghai awal tahun ini menuai kontroversi dan warga mengkritisinya. 

Ada spekulasi apakah ini bisa mempengaruhi masa depan politiknya.

Tetapi dengan penunjukan ini, jelas kesetiaannya kepada Xi telah menempatkannya dalam posisi yang baik. Gelar anggota Komite Tetap akan dikonfirmasi tahun depan, dan banyak yang percaya Li akan menjadi Perdana Menteri berikutnya, orang kedua setelah Xi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Zhao Leji, Usia 65 Tahun

Jabatan politik saat ini: Ketua Komisi Pusat Inspeksi Disiplin.

Zhao telah dilihat sebagai bintang baru dalam kepemimpinan Tiongkok, dan memiliki hubungan dekat dengan provinsi Shaanxi, seperti halnya Xi.

Setelah memasuki pemerintahan provinsi Qinghai, ia dengan cepat naik tangga dan menjadi gubernur pada usia 42 - orang termuda yang menjadi gubernur provinsi.

Sebagai kepala badan antikorupsi, Zhao bertanggung jawab untuk menjaga disiplin partai dan telah melaporkan sejumlah perwira senior yang menerima suap selama bertahun-tahun.

3. Wang Huning, Usia 67 Tahun

Peringkat politik saat ini: Sekretaris Pertama Sekretariat Partai Komunis.

Seorang mantan sarjana dan profesor, Wang naik pangkat setelah menarik perhatian politisi senior. Dia direkomendasikan menjadi presiden Jiang Zemin saat itu dan dipromosikan menjadi konsultan Jiang.

Sebagai ahli teori politik partai, Wang dianggap sebagai otak di balik banyak konsep Partai Komunis, termasuk ideologi untuk tiga pemimpin: Tiga Perwakilan Jiang Zemin, Pandangan Ilmiah tentang Perkembangan Hu Jintao, dan Pemikiran Xi Jinping. Inisiatif Sabuk dan Jalan China yang ambisius juga diyakini sebagai idenya.

Dia dikatakan rukun dengan semua faksi di partai.

3 dari 4 halaman

4. Cai Qi, Usia 66 Tahun

Posisi politik saat ini: Walikota Beijing.

Sebagai sekutu dekat Xi, dia telah bekerja di bawah pemimpin China di provinsi Fujian dan Zhejiang dan telah menyerukan kesetiaan mutlak kepadanya.

Tuan rumah Olimpiade Musim Dingin Beijing awal tahun ini, pada puncak pandemi, dipandang dalam partai sebagai sebuah keberhasilan dan tercermin dengan baik pada dirinya.

Tetapi dia juga menarik kontroversi ketika dia meluncurkan rencana pada tahun 2017 untuk mengurangi populasi ibu kota, yang pada akhirnya memaksa banyak orang berpenghasilan rendah keluar dari kota.

5. Ding Xuexiang, Usia 60 Tahun

Peringkat politik saat ini: Direktur Kantor Sekretaris Jenderal dan Kantor Presiden.

Sebagai seorang insinyur terlatih, Ding memulai karir politiknya di sebuah pusat penelitian yang berafiliasi dengan pemerintah di Shanghai.

Meskipun ia tidak memiliki pengalaman sebagai sekretaris atau gubernur partai tingkat provinsi, yang biasanya dianggap penting dalam pendakian ke kekuasaan - ia menjadi sekretaris Xi pada tahun 2007.

Sejak 2014 ia telah menjadi kepala kantor kepresidenan, secara efektif bertindak sebagai kepala pemerintahan Xi. staf.Seorang pendukung kuat Pemikiran Xi Jinping, dia adalah salah satu pembantu Xi yang paling tepercaya. 

Dia telah menemani pemimpin China itu untuk banyak perjalanan di China dan juga di luar negeri - pengamat mengatakan dia mungkin menghabiskan lebih banyak waktu dengan Xi daripada pejabat lainnya dalam beberapa tahun terakhir.

4 dari 4 halaman

6. Li Xi, Usia 66 Tahun

Peringkat politik saat ini: Sekretaris Partai Provinsi Guangdong.

Seorang loyalis Xi yang memiliki hubungan dekat dengan keluarga pemimpin China, Li dipandang sebagai pemecah krisis untuk menangani skandal 2017 di provinsi Liaoning atas data ekonomi yang dipalsukan.

Dia adalah pemimpin partai di kota Yanan yang secara politik signifikan, yang digunakan Mao Zedong sebagai markas partai selama Perang Dunia Kedua dan di mana Xi menghabiskan tujuh tahun kerja paksa.

Di Guangdong, Li mendorong pengembangan industri teknologi dan reformasi ekonomi. 

Dia juga mengeluarkan kebijakan perdagangan baru dan mempromosikan integrasi regional di daerah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.