Sukses

Gara-Gara BTS Wamil, ARMY Ajak Boikot K-Pop dan Produk Korea Selatan

Liputan6.com, Seoul - Manajemen BTS telah mengumumkan bahwa anggota grup musik tersebut akan ikut wajib militer (wamil). Durasi wamil di Korea Selatan adalah sekitar 20 bulan. 

Beberapa anggota BTS sudah memasuki usia maksimal wamil. Kim Seok Jin (Jin BTS) tahun ini sudah akan berusia 30 tahun.

Rencananya, BTS akan kembali reuni pada tahun 2025 mendatang. Konser perpisahan juga telah digelar di Busan. Namun, sejumlah fans BTS (ARMY) merasa tidak terima pada keputusan pemerintah yang tetap mengharuskan BTS ikut wamil. 

Pada salah satu tweet viral, seorang ARMY mengajak international ARMY untuk melancarkan aksi boikot pada K-Pop sampai BTS kembali dari wamil. Tujuannya agar pemerintah Korea Selatan tak meraup untung.

"Jujur, saya tidak ingin i-ARMY untuk membeli produk-produk Korea dan mengkonsumsi kpop sampai cowok-cowok kita selesai tugas militer mereka. Saya orang Korea tetapi saya tidak ngefans kpop, saya adalah seorang fan bts dan saya tidak ngefans pemerintah Korea. Mereka harus sadar apa yang mereka lakukan," ujar akun @KkongGun.

Hingga berita ini ditulis, ajakan viral itu sudah meraih 65 ribu likes, serta menuai pro dan kontra.

Lebih lanjut, akun itu menjelaskan bahwa ia tidak mau pendapatan album-album BTS menguntungkan Kementerian Pertahanan Nasional, sebab album itu diproduksi BTS ketika masih bekerja secara sipil.

Netizen lain pun merespons dengan berkata ogah berkunjung atau studi ke Korea Selatan sampai BTS pulang wamil.

Wamil bagi BTS memang cukup mengejutkan karena grup ini sangat berprestasi di industri musik global. Sebagai catatan, pemerintah Korea Selatan pernah memberi "hadiah" batal wamil bagi para atlet yang meraih emas di Asian Games 2018, namun BTS tidak mendapatkan hal serupa meski punya prestasi internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jin BTS Siap Rilis Karya Solonya Akhir Oktober 2022

Anggota grup vokal asal Korea Selatan BTS berencana untuk wajib militer atau wamil mereka mulai tahun ini dan baru akan kembali bersama pada 2025 mendatang. Anggota tertua yaitu Jin BTS, akan memulai proses pendaftaran wamil segera setelah akhir Oktober.

Melansir dari laman Allkpop, Senin, 17 Oktober 2022, BigHit Entertainment mengatakan dalam pernyataan melalui Weverse bahwa anggota lain akan mengikuti wamil berdasarkan rencana individu mereka dan bahwa waktunya tidak pasti. Selain itu, belum ada tanggal persis kapan Jin akan memulai hari pertama dinas militer.

Pihak BigHit juga menyatakan keputusan itu dibuat setelah melakukan pertimbangan bersama para anggota. "Member lainnya juga akan wajib militer secara berurutan sesuai dengan rencana mereka," tulis pernyataan BigHit seperti yang dirilis oleh Osen via Naver, Senin, 17 Oktober 2022.

Saat ini, personel BTS tengah berfokus pada proyek individu. Agensi mendorong para artisnya untuk mengeksplorasi minat mereka masing-masing.

Sebagai anggota pertama yang akan mengikuti wamil, Jin sudah melakukan berbagai pesiapaan, salah satunya adalah mempersiapkan perilisan karya solo perdana. Hal ini diumumkan saat BTS menggelar konser di Busan Asiad Main Stadium, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Jin adakah personel kedua BTS yang merilis karyanya secara solo setelah J-Hope. "Saya ingin memberi tahu kalian sesuatu. Saya menjadi anggota kedua BTS setelah J-Hope yang merilis album sendiri," ucap Jin dalam konser tersebut.

3 dari 4 halaman

Wamil Pertama

Sebelumnya, Big Hit telah secara resmi mengumumkan tahapan wajib militer para anggota BTS. Masing-masing anggota BTS akan mengikuti wajib militer sesuai dengan rencana masing-masing.

Hal ini disampaikan langsung oleh pihak manajemen tersebut pada Senin (17/10/2022) sore. RM dkk bertekad untuk menunaikan tugas negara.

"Kami mengumumkan hari ini bahwa para anggota BTS saat ini sedang bergerak maju dengan rencana untuk memenuhi wajib militer mereka," kata pihak manajemen dikutip dari Soompi.

"Setelah konser untuk mendukung upaya Busan menjadi tuan rumah World Expo 2030, dan saat setiap anggota memulai aktivitas solo, ini waktu yang tepat untuk para anggota BTS menjalani wajib militer," imbuhnya.

Dijelaskan oleh Big Hit, selama hampir 10 tahun debut, Jungkook dkk telah meraih kesuksesan yang besar di domestik maupun internasional.

BTS juga terus menerus memecahkan rekor melalui karyanya. Kini, saatnya mereka menunaikan kewajiban sebagai warga negara Korea Selatan.

"Jin akan memulai proses wajib militernya segera setelah jadwal perilisan album solonya selesai pada akhir Oktober. Ia akan mengikuti prosedur pendaftaran pemerintah Korea (Selatan)," paparnya.

4 dari 4 halaman

2025

Dijelaskan oleh Big Hit, selama hampir 10 tahun debut, Jungkook dkk telah meraih kesuksesan yang besar di domestik maupun internasional.

BTS juga terus menerus memecahkan rekor melalui karyanya. Kini, saatnya mereka menunaikan kewajiban sebagai warga negara Korea Selatan.

"Jin akan memulai proses wajib militernya segera setelah jadwal perilisan album solonya selesai pada akhir Oktober. Ia akan mengikuti prosedur pendaftaran pemerintah Korea (Selatan)," paparnya.

Konser Yet To Come

BTS juga telah melaksanakan konser perpisahan sebelum wamil. Langkah ini meraih apresiasi dari penggemar dan penikmat musik di penjuru dunia.

Tak hanya penampilan secara langsung di Busan Asaid Main Stadium, konser ini juga disiarkan secara daring melalui platform Weverse, Zepeto, Naver NOW, dan juga salah satu stasiun televisi Korea, JTBC.

Dikutip dari laman Kpopchart, konser BTS Yet to Come di stadium ini berhasil menembus angka 50 ribu orang yang hadir secara langsung.

Tak hanya itu, konser yang juga disiarkan secara daring di platform Weverse ini berhasil memperoleh 49 juta penonton yang mengakibatkan server pada platform tersebut down.

Di platform lainnya, Zepeto, konser BTS ini juga berhasil menembus sebanyak 2.1 juta penonton. Kemudian, di Naver NOW, konser ini berhasil menembus sebanyak 20 juta penonton.

Tak hanya melalui platform daring, di Stasiun Televisi JTBC pun konser BTS ini meraih rata-rata rating sebesar 3,3 persen selama penyiaran berlangsung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS