Sukses

Astronot dari Misi SpaceX Crew-4 NASA Mendarat Selamat di Bumi

Astronot SpaceX Crew-4 NASA tiba dengan selamat saat mendarat di lepas pantai negara bagian Florida, AS tenggara, Jumat, demikian keterangan dari NASA.

Liputan6.com, Jakarta - Astronot SpaceX Crew-4 NASA tiba dengan selamat saat mendarat di lepas pantai negara bagian Florida, AS tenggara, Jumat, demikian keterangan dari NASA.

Empat anggota kru internasional, yang terdiri dari astronot NASA Kjell Lindgren, Bob Hines, Jessica Watkins dan astronot Badan Antariksa Eropa Samantha Cristoforetti, kembali ke Bumi dengan bantuan parasut pada pukul 16.55 waktu setempat.

Pesawat ruang angkasa itu lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Misi tersebut diluncurkan ke stasiun ruang angkasa dari Kennedy Space Center NASA di Florida pada 27 April.

Sementara itu, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) dan SpaceX meluncurkan misi Crew-5 ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) pada Rabu (5/10).

Roket SpaceX Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon Endurance menderu di Launch Pad 39A, Kennedy Space Center NASA di Florida pada Rabu siang waktu setempat.

Tak lama setelah lepas landas, NASA mengkonfirmasi pemutusan mesin utama dan pemisahan tahap.

Tahap pertama roket Falcon 9 menyelesaikan pendaratannya dan berhasil mendarat di drone SpaceX, Just Read the Instructions, di lepas pantai Florida, dikutip dari Xinhua, Kamis (6/10/2022).

Pesawat ruang angkasa selanjutnya telah lepas landas dari tahap kedua, dan menuju ke ISS.

Misi tersebut membawa astronot NASA Nicole Mann dan Josh Cassada, bersama dengan astronot Badan Eksplorasi Ruang Angkasa Jepang Koichi Wakata, dan kosmonot Roscosmos Anna Kikina ke ISS.

NASA mengatakan, kru telah mencapai orbit dengan selamat. Pesawat ruang angkasa akan berlabuh di stasiun ruang angkasa pada Kamis (6/10).

Selama waktu mereka di laboratorium untuk mengorbit, kru akan melakukan lebih dari 200 eksperimen sains dan demonstrasi teknologi di berbagai bidang seperti kesehatan manusia dan sistem bahan bakar bulan, menurut SpaceX.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NASA Umumkan Rencana Peluncuran Roket Ketiga untuk Misi Orion

Roket NASA sekarang dijadwalkan untuk melakukan upaya lepas landas ketiga pada 27 September.

Dilansir Live Science, Jumat (16/9/2022), roket Artemis 1 terdiri dari kapsul Orion enam orang yang bertengger di atas Sistem Peluncuran Luar Angkasa (SLS) 30 lantai dan awalnya dijadwalkan untuk memulai perjalanan perdananya ke bulan dan kembali. pada 29 Agustus. 

Tetapi kesulitan teknis menggagalkan dua upaya pertama roket untuk lepas landas. 

NASA membatalkan upaya pertama roket karena para insinyur tidak dapat mendinginkan salah satu dari empat mesin RS-25 tahap inti roket ke suhu yang aman pada waktunya untuk lepas landas. Agensi mengumumkan bahwa mereka telah memperbaiki masalah, yang disalahkan pada sensor suhu yang rusak. 

Kemudian, selama upaya roket kedua, alarm berbunyi saat pesawat sedang dimuati dengan bahan bakar hidrogen cair yang sangat dingin, memperingatkan para insinyur akan celah di segel salah satu mesin roket. Insinyur mencoba dan gagal untuk menutup kebocoran tiga kali, kata NASA.

NASA mengatakan bahwa kebocoran berada pada "pemutusan cepat" di mana tahap inti SLS bertemu saluran bahan bakar dari menara peluncuran seluler roket, yang diperbaiki oleh badan tersebut dengan mengganti dua segel di titik kebocoran.

3 dari 4 halaman

Peluncuran Roket

Badan antariksa AS mengatakan peluang peluncuran paling awal adalah 27 September, dengan peluang cadangan pada 2 Oktober.

Para insinyur NASA berencana untuk mendemonstrasikan kebocoran yang ditambal dengan melakukan tes untuk memompa propelan ke pesawat pada 17 September.

 "Tanggal yang diperbarui mewakili pertimbangan cermat dari beberapa topik logistik, termasuk nilai tambahan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan uji demonstrasi kriogenik, dan selanjutnya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan peluncuran," tulis pejabat NASA dalam sebuah posting blog yang mengumumkan tanggal peluncuran baru. 

"Tanggal tersebut juga memungkinkan manajer untuk memastikan tim memiliki istirahat yang cukup dan untuk mengisi kembali persediaan propelan kriogenik."

4 dari 4 halaman

Pengujian NASA

Orion direncanakan untuk membuat dua fly-bys bulan 62 mil (100 kilometer) di atas permukaan bulan, zip sejauh 40.000 mil (64.000 km) di luar bulan sebelum kembali ke Bumi 38 hari setelah peluncuran. 

NASA telah menyimpan tiga manekin di dalam kapsul yang akan digunakan untuk menguji tingkat radiasi dan panas selama penerbangan. Sebuah mainan lunak Snoopy juga ikut dalam perjalanan, melayang-layang di dalam kapsul sebagai indikator gravitasi nol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.