Sukses

Pasca-Banjir Pakistan, 9 Orang Meninggal Akibat Penyakit Malaria

9 orang di Pakistan meninggal dunia akibat malaria.

Liputan6.com, Karachi - Sedikitnya sembilan orang meninggal pada Senin (19 September) karena penyakit menular dan penyakit yang ditularkan melalui air yang telah menyerang puluhan ribu orang di Pakistan yang dilanda banjir. Angka tersebut menjadikan korban dari penyebab serupa menjadi 318.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (21/9/2022), korban tewas akibat banjir itu sendiri telah menyentuh 1.559, termasuk 551 anak-anak dan 318 wanita, yang tidak termasuk kematian akibat penyakit, kata badan penanggulangan bencana negara itu.

Ketika air banjir mulai surut, yang menurut para pejabat mungkin memakan waktu dua sampai enam bulan di daerah yang berbeda, genangan air telah menyebabkan penyakit seperti malaria, demam berdarah, diare dan masalah kulit, terutama di provinsi Sindh selatan.

Pemerintah provinsi mengatakan dalam sebuah laporan yang dikeluarkan pada hari Selasa bahwa sembilan orang meninggal karena gastroenteritis, diare akut dan diduga malaria pada hari Senin. Ini telah melaporkan total 318 kematian akibat penyakit sejak 1 Juli.

Laporan itu mengatakan lebih dari 72.000 pasien dirawat pada hari Senin di rumah sakit darurat atau rumah sakit bergerak yang didirikan di daerah yang dilanda banjir.

Lebih dari 2,7 juta orang telah dirawat di fasilitas ini sejak 1 Juli, kata laporan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Kesehatan Rusak

Jumlah korban banjir telah membanjiri sistem kesehatan negara yang sudah lemah. Pemerintah provinsi mengatakan bahwa sekitar 1.200 fasilitas medis masih terdampar.

"Kami kewalahan," kata Moinuddin Siddique, direktur Institut Ilmu Kesehatan Abdullah Shah di kota Sehwan, yang dikelilingi oleh air banjir, kepada Reuters.

Malaria dan diare tidak terkendali, katanya.

Rekor hujan monsun dan pencairan gletser di Pakistan utara memicu banjir yang telah berdampak pada hampir 33 juta orang di negara Asia Selatan berpenduduk 220 juta jiwa, menyapu rumah, tanaman, jembatan, jalan, dan ternak dengan kerugian yang diperkirakan mencapai US$30 miliar.

3 dari 4 halaman

Situasi Pengungsi Buruk

Ratusan ribu orang yang terlantar tinggal di tempat terbuka, memaparkan mereka pada penyakit yang menyebar di perairan yang tergenang. Mereka sangat membutuhkan makanan, tempat tinggal, air minum bersih, toilet dan obat-obatan, kata pihak berwenang.

UNICEF menyebut situasi mereka "sangat suram".

 

4 dari 4 halaman

Anak-Anak Terkena Dampak

Dikatakan sekitar 16 juta anak telah terkena dampak, dan setidaknya 3,4 juta anak perempuan dan laki-laki masih membutuhkan bantuan segera dan menyelamatkan nyawa.

Negara ini menerima curah hujan 391mm, atau sekitar 190 persen lebih banyak dari rata-rata 30 tahun hingga Juli dan Agustus, mantra monsun yang dimulai lebih awal dan membentang di luar garis waktu yang biasa. Curah hujan di provinsi selatan Sindh melonjak hingga 466 persen dari rata-rata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.