Sukses

Pangeran George dan Putri Charlotte Bakal Ikut Pemakaman Ratu Elizabeth II, Anak Meghan Markle-Pangeran Harry?

Putra-putri dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton akan turut serta dalam pemakaman Ratu Elizabeth II. Bagaimana dengan anak-anak Pangeran Harry dan Meghan Markle?

Liputan6.com, London - Pangeran George dan Putri Charlotte akan bergabung dengan lebih dari 2.000 tamu di pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey.

Dilansir BBC, Senin (19/9/2022), George yang berusia sembilan tahun dan saudara perempuannya, yang berusia tujuh tahun, akan menjadi bagian dari prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II dengan Keluarga Kerajaan, mengikuti peti mati saat memasuki gereja.

Sebelum ibadah dimulai, bel akan berbunyi setiap menit selama 96 menit, menandai lamanya hidup Ratu.

Menjelang akhir kebaktian, Last Post akan dimainkan sebelum bangsa itu mengheningkan cipta selama dua menit.

Dengan para pemimpin dunia dan pejabat tinggi berkumpul di gereja abad ke-13 untuk kebaktian pada pukul 11:00 BST (17.00 WIB), Permaisuri Raja dan Ratu akan memimpin prosesi di belakang peti mati Ratu.

Pangeran dan Putri Wales akan berjalan di depan George dan Charlotte yang berusia tujuh tahun, yang memanggil Ratu "Gan Gan", diikuti oleh paman dan bibi mereka, Duke dan Duchess of Sussex, dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya. 

Adik George dan Charlotte, Louis, 4, diperkirakan tidak akan hadir.

Order of Service menunjukkan kebaktian yang diisi dengan musik gereja tradisional dan pembacaan Alkitab, dengan khotbah dari Uskup Agung Canterbury, Justin Welby.

"Akulah kebangkitan dan kehidupan," akan menjadi bacaan saat prosesi kerajaan tiba di Gereja, dalam sebuah kebaktian yang direncanakan oleh Ratu.

Bagaimana dengan Anak-Anak Pangeran Harry-Meghan Markle?

Mengutip Capital FM, Meghan Markle dan Pangeran Harry dikatakan menerbangkan anak-anak mereka, Archie dan Lilibet, ke Inggris minggu ini. Kendati demikian tidak diketahui apakah mereka akan bergabung dengan orang tua mereka di pemakaman Ratu Elizabeth II.

Anak-anak pasangan Pangeran Harry-Meghan Markle mereka masih sangat kecil untuk menghadiri acara seperti itu, dan Duke dan Duchess of Sussex dikenal sangat protektif terhadap identitas anak-anak mereka sehingga kemungkinan mereka tidak ingin sang buah hati tampil di depan umum, di acara yang begitu disorot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PM Liz Truss Akan Ikut Serta

Perdana Menteri Liz Truss akan ikut membacakan bacaan dalam Misa, dengan doa dari para pemimpin agama termasuk Kardinal Vincent Nichols, Uskup Agung Westminster Katolik Roma

.Pemakaman akan mendengar pujian untuk pemerintahan panjang Ratu, dengan Dekan Westminster, David Hoyle, memuji "umur panjang pelayanan tanpa pamrih".

Pihak Gereja mengatakan ini akan menjadi pemakaman pertama seorang raja yang diadakan di sini sejak abad ke-18, meskipun ada pemakaman yang lebih baru untuk pasangan raja. Musik di kebaktian bersejarah ini akan sesuai dengan keyakinan dan selera Ratu. Akan ada karya Ralph Vaughan Williams, JS Bach dan Edward Elgar.

Karya-karya baru telah disusun oleh Judith Weir dan Sir James MacMillan, seorang komposer Skotlandia terkemuka, yang musiknya menonjol dalam kebaktian syukur di Katedral St Giles di Edinburgh.

Baroness Scotland, sekretaris jenderal Persemakmuran, akan membawakan salah satu bacaan yang diselingi dengan himne termasuk The Day Thou Gavest Lord Is Ended dan Love Divine, All Loves Excelling.

The Lord's My Shepherd akan dinyanyikan, seperti ketika Ratu menikahi Pangeran Philip di Westminster Abbey pada tahun 1947.

3 dari 4 halaman

Prosesi Kebaktian

Saat pemakaman kenegaraan berakhir, Last Post akan dimainkan, diikuti dengan keheningan selama dua menit dan ratapan dari Queen's piper. Setelah pemakaman berakhir pada siang hari di Westminster, kebaktian akan dilanjutkan pada pukul 4 sore di Kapel St George di Windsor. 

Pengaturan yang lebih intim ini akan mencakup sentuhan pribadi dan koneksi pribadi. Layanan itu termasuk "Kontakion Rusia yang Berangkat", sebuah himne yang dipilih Pangeran Philip untuk pemakamannya sendiri tahun lalu.

Salah satu bacaan Alkitab - "Saya melihat langit baru dan bumi baru" - juga dibacakan pada pemakaman ayah dan kakek-nenek Ratu.

Ada musik yang digubah oleh Sir William Henry Harris, seorang organis yang mengajari Ratu bermain piano.

4 dari 4 halaman

Lagu dalam Kebaktian

Selain itu, alunan sedih lainnya akan dimainkan oleh piper dan layanan komitmen akan berakhir dengan menurunkan peti mati Ratu ke dalam lemari besi kerajaan, disertai dengan kata-kata: "Pergilah dalam perjalananmu dari dunia ini, hai jiwa Kristen."

Lonceng Westminster Abbey nantinya akan dibunyikan - tetapi diredam - seperti tradisi setelah pemakaman seorang penguasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.