Sukses

Pesawat Austria Jatuh di Laut Baltik, Tak Ada Jasad, Pilot-Penumpang Hilang Misterius

Sebuah pesawat dilaporkan jatuh di laut Baltik, lepas pantai Latvia. Kendati demikian pilot maupun penumpang tak ditemukan. Hilang misterius.

Liputan6.com, Ventspils - Sebuah pesawat dilaporkan jatuh di lepas pantai Latvia. Kendati demikian pilot maupun penumpang tak ditemukan. Hilang misterius.

"Sebuah jet pribadi yang membawa empat orang yang akan mendarat di Jerman tetapi terus terbang melintasi Eropa, ketika pengendali lalu lintas udara mencoba untuk melakukan kontak namun gagal, jatuh pada Minggu 4 September di lepas pantai Latvia," kata pihak berwenang seperti dikutip dari AFP, Senin (5/9/2022).

Jet itu "terbang antara Spanyol dan Cologne tetapi ketika berubah arah, pengontrol lalu lintas udara tidak dapat melakukan kontak", kata badan penerbangan sipil Latvia dalam sebuah pernyataan.

Jet tempur dari Jerman, Denmark dan Swedia dikerahkan untuk mencoba melakukan kontak dengan awak di udara ketika pesawat yang terdaftar di Austria terus terbang melintasi Eropa utara, "tetapi mereka tidak melihat siapa pun", pemimpin operasi pencarian dan penyelamatan Swedia Lars Antonsson kepada AFP.

Pesawat, Cessna 551, terbang di atas wilayah udara Swedia di Laut Baltik sebelum menabrak laut di Ventspils sebelum pukul 20.00 (18.00 GMT).

Pesawat terbang relatif stabil sampai mendekati pantai Latvia, ketika ketinggiannya hilang dengan cepat.

"Pesawat jatuh ketika kehabisan bahan bakar", kata Antonsson.

Kewarganegaraan keempat penumpang itu sejauh ini belum diketahui.

"Tim penyelamat dengan kapal dan helikopter dari Latvia, Lithuania dan Swedia sedang bekerja di lokasi kecelakaan", kata badan penerbangan Latvia.

"Tidak ada jasad manusia yang ditemukan", tambah Antonsson dari Swedia.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan pesawat terbang keluar jalur.

"Kami tidak memiliki penjelasan sama sekali, kami hanya bisa berspekulasi" tentang apa yang terjadi "tetapi mereka jelas tidak berdaya di atas kapal", kata Antonsson.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Misterius

Menurut laporan BBC, sebuah pesawat Cessna pribadi telah jatuh ke Laut Baltik di lepas pantai Latvia dalam keadaan misterius.

Jet-jet NATO dikerahkan untuk mengikuti pesawat dalam penerbangan yang tidak menentu yang dimulai di Spanyol selatan.

Para pejabat mengatakan pesawat - diyakini memiliki empat orang di dalamnya - akan mendarat di Cologne, Jerman, tetapi malah menuju ke Baltik.

Pilot NATO dan pejabat Swedia yang melacak pesawat tidak melihat seorang pun di kokpit.

"Pesawat itu terbang dari Spanyol ke Cologne, tetapi selama penerbangan pesawat mengubah rute penerbangannya," kata Otoritas Penerbangan Sipil Latvia dalam sebuah pernyataan.

"Pengendali lalu lintas udara tidak dapat berkomunikasi dengan awak pesawat," katanya, seraya menambahkan bahwa Cessna 551 terdaftar di Austria - tetapi pemiliknya berada di Spanyol.

Sementara itu, situs pelacakan data FlightRadar24 menunjukan pesawat lepas landas dari Kota Jerez de la Frontera di Spanyol pada pukul 12>56 GMT.

Pada pukul 17.37 terdaftar di FlightRadar24 dalam posisi kehilangan kecepatan dan ketinggian.

3 dari 4 halaman

Kehilangan Tekanan Kabin, Lalu Hilang Kontak?

Surat kabar Jerman Bild mengatakan pesawat itu melaporkan masalah tekanan kabin setelah lepas landas dan kontak hilang setelah melewati semenanjung Iberia.

Jet tempur dari beberapa negara mengikuti Cessna dalam perjalanannya.

Tim penyelamat dari Latvia, Swedia dan Lithuania tiba di lokasi kecelakaan segera setelah laporan bahwa pesawat itu jatuh ke laut dekat kota Ventspils di Latvia.

Pesawat itu jatuh "ketika kehabisan bahan bakar," kata pemimpin operasi pencarian dan penyelamatan Swedia Lars Antonsson kemudian mengatakan kepada AFP, menambahkan bahwa "tidak ada jasad manusia yang ditemukan".

Antonsson mengatakan bahwa penyelamat "tidak memiliki penjelasan sama sekali, kami hanya bisa berspekulasi" tentang apa yang terjadi "tetapi mereka [orang-orang di kapal] jelas tidak mampu di kapal".

4 dari 4 halaman

Temuan Jejak Minyak dan Potongan Kecil Puing

Mengutip DW, pakar keselamatan penerbangan Hans Kjäll mengatakan kepada kantor berita Swedia TT bahwa masalah tekanan kabin bisa menyebabkan penumpang kehilangan kesadaran.

Ini bisa terjadi dengan cepat, terutama di ketinggian di mana pesawat kecil digunakan, tambahnya.

Penjaga Pantai Swedia mengatakan mereka telah menemukan jejak minyak di air dan potongan-potongan kecil puing.

Sementara itu, sebuah helikopter angkatan udara Lithuania dikirim ke lokasi kecelakaan, kata seorang juru bicara militer negara itu.

Angkatan Laut Latvia mengatakan telah mengirim kapal ke tempat kejadian.

Sebuah feri Stena Line yang melakukan perjalanan dari Ventspils ke Norvik di Swedia juga dialihkan ke lokasi kecelakaan, menurut situs web MarineTraffic.

Situs web tersebut juga menunjukkan helikopter dan pesawat SAR Swedia di lokasi tersebut.

Perusahaan yang terdaftar sebagai pemilik daftar pesawat Austria, GG Rent yang terdaftar di Cologne, tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Jika dikonfirmasi, ini akan menjadi yang keenam kalinya apa yang disebut ghost plane atau pesawat hantu - di mana orang-orang di dalamnya tidak berdaya - jatuh sejak 1980.

Empat dari contoh sebelumnya adalah pesawat yang lebih kecil, tetapi yang kelima melibatkan pesawat jet komersial Helios Airlines yang melakukan perjalanan dari Larnaca, Siprus ke Praha di Republik Ceko.

Boeing 737 jatuh pada Agustus 2005 di dekat Grammatiko, Yunani, menewaskan 121 orang di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.