Sukses

Kehadiran Menlu G20 Jadi Dukungan Atas Presidensi Indonesia

Liputan6.com, Bali - Foreign Ministers Meeting atau FMM G20 tengah digelar di Nusa Dua, Bali. Pada Jumat 8 Juli 2022, Menteri Luar Negeri (Menlu) anggota G20 dijadwalkan menghadiri di pertemuan tersebut, seperti disampaikan Menlu Retno Marsudi pada konferensi pers secara virtual di YouTube Sekretariat Presiden Jumat 1 Juli 2022 lalu.

Dalam sambutannya, Menlu Retno Marsudi pertama-tama mengapresiasi kehadiran para menlu negara G20.

"Selamat datang di Indonesia dan saya sangat senang menjadi tuan rumah pertemuan menteri luar negeri G20 ini di Pulau Bali," ujar Menlu Retno dalam sambutannya seperti dikutip dari akun YouTube MOFA Indonesia, Jumat (8/7/2022). 

Menlu Retno mengatakan, Pulau Bali dihuni mayoritas Hindu di Indonesia, dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Kendati demikian hal itu tidak pernah menghentikan masyarakat Bali untuk hidup berdampingan secara harmonis dengan saudara-saudara mereka yang beragama Kristen, Buddha, dan Konghucu.

"Ini adalah pengalaman kami di Indonesia," ucapnya.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu mengatakan, seluruh delegasi yang hadir berasal dari negara berbeda namun bisa duduk bersama berdiskusi.

"Kita di ruangan ini, semua berbeda dan kita tak bisa mengubah ini. Meski berbeda, pada waktu yang sama di sini kita duduk bersama untuk pertama kalinya membahas isu-isu penting yang dihadapi kita semua," ujarnya.

"Saya berharap bahwa dari diskusi, kita akan menemukan cara untuk bergerak maju. Jadi, izinkan saya memberikan apresiasi dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Anda."

"Kehadiran Anda hari ini mencerminkan dukungan Anda kepada kepresidenan G20 kami, dan persahabatan Anda dengan rakyat Indonesia," tutur Menlu Retno.

Kehadiran para Menlu G20, sambung Menlu Retno, juga mencerminkan komitmen pada G20 dan membuat G20 sebagai langkah yang relevan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

KTT Menlu G20 Jadi Dua Sesi

Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno menyampaikan bahwa pertemuan Menlu G20 akan dibagi.

"Pertemuan kita hari ini akan diatur menjadi dua bagian utama," ujar Menlu Retno.

Bagian pertama, papar Menlu Retno, adalah penguatan multilateralisme yang akan kami fokuskan untuk memastikan multilateralisme dalam menghadapi tantangan global.

"Sesi kedua membahas ketahanan pangan dan energi dan akan berfokus pada bagaimana G20 dapat keluar dari krisis pangan dan energi tersebut," tambahnya.

Menlu Retno mengatakan bahwa "Kita bertemu hari ini di saat tantangan besar. Dunia belum pulih dari pandemi tetapi kita sudah dihadapkan dengan krisis lain."

Pantauan Liputan6.com melalui akun YouTube MOFA Indonesia, Jumat (8/7/2022) sekitar pukul 08.30 pagi waktu Jakarta, sejumlah Menlu satu per satu memasuki venue acara di The Grand Balroom Hotel Mulia, Nusa Dua Bali.

Hampir semua delegasi menggunakan masker ketika hadir, mereka hanya melepaskannya ketika berfoto dengan Menlu Retno Marsudi.

 

3 dari 4 halaman

Menlu Retno Marsudi Menyambut

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sedang menyambut para menteri luar negeri yang menghadiri acara Foreign Ministers' Meeting di G20 Bali, Jumat (8/7/2022). Para menlu dari Singapura, Nigeria, Argentina, Jepang, hingga India sudah terpantau hadir. 

Hampir semua delegasi menggunakan masker ketika hadir, mereka hanya melepaskannya ketika berfoto dengan Menlu Retno.

Terpantau di antaranya Menlu Rusia Sergey Lavrov tiba lebih dulu dari Menlu China Wang Yi, lalu tak lama setelahnya Menlu AS Antony Blinken. Sambutan hangat dilakukan oleh Menlu Retno Marsudi yang telah menunggu di venue penyambutan yang juga digunakan untuk berfoto bersama dengan para delegasi Menlu G20.

Hampir semua delegasi menggunakan masker ketika hadir, mereka hanya melepaskannya ketika berfoto dengan Menlu Retno Marsudi.

Menlu Wang Yi terlihat mengenakan masker berwarna putih dengan cetak logo bendera negaranya.

Setelah beramah tamah singkat dengan para delegasi, lalu berfoto bersama, Menlu Retno mempersilahkan para tamu undangan menuju lokasi pertemuan utama.

4 dari 4 halaman

Sebelumnya

Sebelumnya, ada Menlu Singapura Vivian Balakrishnan ketika bertemu Menlu Retno. Keduanya tampak sangat akrab.

Hadir pula Menteri Luar Negeri Belanda Wopke Hoekstra. Postur Hoesktra yang sangat tinggi membuat pria 46 tahun itu tampak sangat mencolok. 

Salah satu menlu perempuan yang hadir di pertemuan ini adalah Naledi Pandor dari Afrika Selatan. Pandor tampak anggun dengan pakaian berwarna hijau tua. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.