Sukses

Jokowi Berangkat ke Rusia dari Bandara Polandia, Lanjut Misi Perdamaian di Moskow

Liputan6.com, Kiev - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah rampung mengunjungi Ukraina. Ia bersama Ibu Iriana dan rombongan terbatas kemudian kembali menuju Polandia.

Berangkat dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kiev tepat pukul 19.00 waktu setempat, Jokowi dan rombongan menuju Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia.

Dari Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia dan dijadwalkan tiba hari ini 30 Juni 2022.

Menurut informasi yang dimuat situs Kemlu.go.id, dari Stasiun Przemysl Glowny, Jokowi dan rombongan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Dalam pernyataan pers bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina, Rabu 29 Juni, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden.

Presiden Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," imbuhnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kiev.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pertemuan Presiden Jokowi dan Volodymyr Zelenskyy di Ukraina Jadi Sorotan Media Asing

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kiev, Rabu (29/6/2022), pukul 15.00 waktu setempat. Jokowi disambut langsung oleh Presiden Zelensky di pintu masuk Istana.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama. Jokowi dan Presiden Zelensky kemudian melakukan pertemuan tete-a-tete.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan pertemuannya dengan Presiden Volodymyr Zelensky pun menjadi sorotan media asing. 

Media Reuters mengangkat isu ini dalam artikelnya yang berjudul: "Indonesian president offers to take message from Ukraine's leader to Putin."

"Presiden Indonesia Joko Widodo menawarkan pada hari Rabu untuk menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymr Zelensky kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk mencoba meningkatkan harapan perdamaian.

Tidak segera jelas bagaimana Zelensky menanggapi tawaran yang dibuat oleh Jokowi - panggilan akrab Presiden Widodo - selama pembicaraan di Kiev atau apakah pemimpin Ukraina itu memiliki pesan yang ingin dia kirim ke Putin," tulis media tersebut. 

Selain itu, media Nikkei Asia juga ikut mengangkat isu ini dengan judul: "Indonesia's Jokowi offers to broker peace in meeting with Zelensky."

"Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo bertemu Volodymyr Zelensky di Kiev pada Rabu, menawarkan untuk berperan sebagai perantara perdamaian antara pemimpin Ukraina dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Widodo tiba di ibukota Ukraina pada pagi hari dan diterima oleh Zelensky di Istana Mariinsky pada sore hari. Dia kembali ke Polandia tidak lama setelah pertemuan itu, dan diperkirakan akan berangkat Kamis ke Moskow, di mana dia dijadwalkan untuk bertemu dengan Putin," tulisnya. 

 

 

3 dari 4 halaman

Disorot Media Asing

Selain itu, media DW pun tak ketinggalan menyorot kunjungan Jokowi ke Ukraina dalam artikelnya yang berjudul: "Indonesia: Jokowi visits Ukraine and Russia amid global food crisis."

Seperti diketahui, Jokowi membawa misi khusus dalam kunjungannya Ukraina dan Rusia yakni, mengupayakan perdamaian kedua negara yang berkonflik tersebut. Jokowi dijadwalkan akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky.

Jokowi menyampaikan dirinya akan mengajak Presiden Ukraina Zelensky untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian. Dia menilai perang harus segera dihentikan.

"Akan bertemu dengan Presiden Zelensky misinya adalah mengajak presiden Ukraina untuk membuka ruang dialog, dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Jokowi, Minggu 26 Juni 2022. 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya Bakal Temui Vladimir Putin

Setelah dari Ukraina, Jokowi akan melanjutkan misi perdamaian dengan melakukan kunjungan ke Rusia.

Nantinya, dia akan menemui Presiden Vladimir Putin dengan misi yang sama dibawanya ke negara sebelumnya.

"Dari Ukraina saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, sekali lagi dengan misi yang sama. Saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," jelas dia.