Sukses

Perbatasan Dibuka Sejak 1 April, Malaysia Terima Lebih dari 1 Juta Turis

Malaysia telah membuka perbatasannya sejak 1 April lalu dan menerima lebih dari 1 juta turis.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Malaysia telah menerima lebih dari 1 juta turis sejak perbatasannya dibuka kembali pada 1 April, kata Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Nancy Shukri pada Sabtu (4 Juni).

Jumlah itu lebih dari separuh target pemerintah untuk mendatangkan 2 juta wisatawan mancanegara tahun ini.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu (5/6/2022), sebagian besar wisatawan berasal dari Singapura, kata Mdm Nancy, seraya menambahkan bahwa Malaysia juga mengharapkan banyak pengunjung dari Jepang, Korea Selatan dan Iran.

“Dalam dua bulan terakhir, kami telah menerima sekitar 600.000 wisatawan dari Singapura,” kata menteri setelah acara oleh Firefly Airlines. 

“Ada turis untuk negara lain juga, tetapi kami tidak dapat memberikan angka yang akurat karena kami masih menunggu umpan balik dari masing-masing pihak tetapi cukup untuk mengatakan, kami telah mencapai lebih dari setengah dari yang kami targetkan.”

Mdm Nancy mengatakan para pelancong tertarik untuk mengunjungi Malaysia karena aturan COVID-19 yang dilonggarkan. 

“Orang-orang menyukai SOP kami karena tidak ada karantina wajib, tes skrining COVID-19, dan asuransi, dan terserah wisatawan untuk melakukannya,” tambahnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Targetkan Wisatawan Indonesia

Nancy mencatat, bagaimanapun, bahwa industri pariwisata Malaysia menghadapi kekurangan pekerja di tengah pemulihan.

Malaysia beralih ke fase endemik hidup dengan COVID-19 pada 1 April, mencabut beberapa pembatasan dan membuka kembali perbatasan. 

Menteri Pariwisata sebelumnya mengatakan, untuk mencapai target 2 juta wisatawan Indonesia , ada berbagai strategi seperti fokus pada pertemuan, insentif, konferensi dan pameran (MICE).

Sebelumnya, Malaysia mengumumkan bahwa mereka akan secara luas mencabut pembatasan COVID-19 mulai 1 Mei 2022, termasuk penghapusan mandat masker saat berada di luar ruangan serta menghilangkan kebutuhan bagi pelancong yang divaksinasi penuh untuk diuji virus corona.  

Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin mengatakan bahwa penggunaan masker masih diperlukan di dalam ruangan, termasuk di pusat perbelanjaan dan di transportasi umum.

“Pemakaian masker di luar ruangan adalah opsional, tetapi tetap dianjurkan,” katanya saat konferensi pers, Rabu (27 April).

Menteri Khairy Jamaluddin mengatakan bahwa orang-orang juga didorong untuk memakai masker di luar ruangan di tempat-tempat ramai seperti di pasar Ramadhan, stadion, dan pasar malam.   

Khairy juga mengumumkan bahwa semua protokol pengujian untuk pelancong ke negara itu--tes pra-keberangkatan dan kedatangan--akan dibatalkan untuk mereka yang sudah vaksinasi dosis penuh, mereka yang telah pulih dari infeksi COVID-19 enam hingga 60 hari sebelum tanggal mereka. keberangkatan, serta pelancong berusia 12 tahun ke bawah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.