Sukses

Hacker Rusia Serang Kontes Menyanyi Eurovision 2022 di Italia

Di tengah invasi ke Ukraina, hacker Rusia dituduh menyerang kontes menyanyi Eurovision.

Liputan6.com, Roma - Hacker dari Rusia dilaporkan melancarkan serangan siber ke kontes menyanyi Eurovision. Serangan hacker tidak hanya berlangsung satu kali saja, melainkan rangkaian. 

Eurovision adalah kontes menyanyi bagi negara-negara benua Eropa. Italia menjadi tuan rumah Eurovision 2022. Rusia biasanya juga merupakan peserta, namun tahun ini dilarang akibat negaranya menyerang Ukraina. 

Dilaporkan Euro News, Selasa (17/5/2022), pihak kepolisian Italia berkata serangan terjadi pada malam grand final pada Sabtu lalu, serta dua acara semi-final menjadi target dari serangan denial of service (DDoS). Polisi Italia berkata berhasil menghalau serangan tersebut. 

Kelompok hacker yang dituduh adalah Killnet. Akan tetapi, Killnet mengumumkan di Telegram bahwa mereka tidak melancarkan serangan ke Eurovision.

Pada Eurovision 2022, solidaritas terhadap Ukraina menjadi semacam tema bersama. Sejumlah kontestan pun membawa atribut seperti bendera Ukraina. 

"Berdasarkan media-media asing, Killnet menyerang Eurovision dan mereka dihentikan oleh kepolisian Italia, padahal Killnet tidak menyerang Eurovision," tulis kelompok tersebut. Killnet lantas mengumumkan "perang" terhadap kepolisian Italia.

Kelompok Rusia itu juga menyiratkan menyerang situs Polizia Postale yang melawan kejahatan cyber di Italia.

Pada Eurovision 2022, sejumlah peserta menampilkan performa menarik, seperti subwoolfer dari Norwegia.

Grup rap Ukraina berhasil menjadi pemenang Eurovision tahun ini. Kelompok rap Kalush menang dengan membawakan lagu berjudul "Stefania".

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Eurovision Song Contest (@eurovision)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

82 Hari Perangi Rusia, 260 Lebih Tentara Ukraina Dievakuasi dari Pabrik Baja Mariupol

Ratusan tentara Ukraina dievakuasi dari pabrik baja Mariupol setelah penyerangan selama 82 hari.

Lebih dari 260 tentara Ukraina, banyak dari mereka terluka, telah dievakuasi dari pabrik baja Azovstal yang terkepung di kota pelabuhan Mariupol, tampaknya menyerahkan kendali kota itu ke Rusia setelah 82 hari pengeboman.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan pada Senin 16 Mei 2022 malam bahwa 53 tentara yang terluka parah dievakuasi ke sebuah rumah sakit di Kota Novoazovsk yang dikuasai Rusia.

"Lebih dari 200 lainnya diangkut melalui koridor ke Olenivka," kata Maliar seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (17/6).

Tidak jelas berapa banyak tentara yang tersisa di pabrik baja, tetapi presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan: "Kami berharap untuk menyelamatkan nyawa anak-anak kami".“Saya ingin menggarisbawahi: Ukraina membutuhkan pahlawan Ukraina hidup-hidup. Ini adalah prinsip kami," katanya dalam sebuah pernyataan video.

Evakuasi kemungkinan akan menandai akhir dari pertempuran terpanjang dan paling berdarah dalam perang Rusia vs Ukraina dan kekalahan signifikan bagi Ukraina. Mariupol sekarang berada dalam reruntuhan setelah pengepungan Rusia yang menurut Ukraina menewaskan puluhan ribu orang di kota itu.

“Saya ingin menggarisbawahi: Ukraina membutuhkan pahlawan Ukraina hidup-hidup. Ini adalah prinsip kami, ”katanya dalam sebuah pernyataan video.

Evakuasi kemungkinan akan menandai akhir dari pertempuran terpanjang dan paling berdarah dalam perang Ukraina dan kekalahan signifikan bagi Ukraina. Mariupol sekarang berada dalam reruntuhan setelah pengepungan Rusia yang menurut Ukraina menewaskan puluhan ribu orang di kota itu.

3 dari 4 halaman

Pabrik Azovstal di Mariupol Simbol Perlawanan

Bagi orang Ukraina, pabrik Azovstal telah menjadi simbol perlawanan, dengan ratusan tentara terus bertempur di sana bahkan setelah seluruh kota jatuh ke tangan pasukan Rusia. Sekitar 600 tentara diyakini berada di dalam pabrik baja tersebut.

Tentara Ukraina mengatakan tentara di Mariupol telah "melakukan tugas tempur mereka" dan sekarang tujuan utamanya adalah "menyelamatkan nyawa personel". Dengan menahan pabrik baja, mereka menghentikan pasukan Rusia untuk dengan cepat merebut kota selatan Zaporizhzhia, kata pernyataannya di Facebook.

Resimen Azov mengatakan sedang memenuhi perintah untuk menyelamatkan nyawa pasukannya.

Resimen, yang di masa lalu memiliki afiliasi sayap kanan nasionalis, adalah milisi yang dibentuk untuk melawan Rusia setelah invasi ke Ukraina pada tahun 2014 tetapi telah menjadi unit penjaga nasional Ukraina.

Dikatakan pasukannya di Mariupol, di Laut Azov di tenggara, telah bertahan selama 82 hari, mengulur waktu untuk sisa Ukraina untuk memerangi pasukan Rusia dan mengamankan senjata barat yang dibutuhkan untuk menahan serangan Moskow.

4 dari 4 halaman

Bersepakat dengan Rusia

Beberapa jam sebelum evakuasi, Rusia mengatakan telah mencapai kesepakatan untuk memindahkan tentara yang terluka. “Sebuah koridor kemanusiaan telah dibuka di mana prajurit Ukraina yang terluka dibawa ke fasilitas medis di Novoazovsk,” kata kementerian pertahanan Rusia.

Pembela terakhir Azovstal telah bertahan di bunker dan terowongan yang dibangun jauh di bawah tanah untuk menahan perang nuklir. Warga sipil dievakuasi dari dalam pabrik, salah satu fasilitas metalurgi terbesar di Eropa, awal bulan ini.

Istri anggota resimen Azov menggambarkan kondisi di pabrik sebelumnya pada hari Senin: “Mereka berada di neraka. Mereka menerima luka baru setiap hari. Mereka tanpa kaki atau tangan, kelelahan, tanpa obat-obatan,” kata Natalia Zaritskaya.

Saat evakuasi Azov sedang berlangsung, pertempuran berlanjut di garis depan di seluruh Ukraina.

Di Ukraina timur, fokus kampanye militer Rusia, sembilan warga sipil tewas dalam serangan di Donetsk, kata gubernur wilayah itu.

Serangkaian ledakan juga melanda Kota Lviv di Ukraina barat, dengan laporan sekitar 10 ledakan berturut-turut dengan cepat.

Ukraina mengatakan pasukan yang mempertahankan kota terbesar kedua, Kharkiv, telah memukul mundur pasukan Rusia dan maju sampai ke perbatasan dengan Rusia. Laporan tidak dapat segera diverifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.