Sukses

Menlu Kanada Melawat ke Indonesia dan Vietnam 9 hingga 14 April 2022

Menlu Mélanie Joly mengumumkan pada 9 April 2022 bahwa beliau akan melawat ke Indonesia dan Vietnam untuk memperkuat hubungan bilateral dan memperluas kemitraan di kawasan Indo-Pasifik.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperkuat hubungan bilateral dan memperluas kemitraan di kawasan Indo-Pasifik, Menteri Luar Negeri atau Menlu Kanada Mélanie Joly akan berkunjung ke Indonesia. Selain itu ia juga dijadwalkan melawat ke Vietnam.

Menlu Mélanie Joly mengumumkan pada 9 April 2022 bahwa beliau akan melawat ke Indonesia dan Vietnam dari tanggal 9 hingga 14 April.

"Selama berkunjung ke dua negara mitra strategis ini, beliau akan memperluas kemitraan dan menegaskan kembali komitmen Kanada untuk terlibat dengan bangsa-bangsa di seluruh kawasan sebagai bagian dari Strategi Indo-Pasifik Kanada yang akan datang," ujar pernyataan tertulis dari Kedutaan Kanada yang dikutip Minggu (10/4/2022).

"Di samping pesisir Pasifik dan kedekatan geografis kami, Kanada dan kawasan Indo-Pasifik berbagi sejarah, kebudayaan dan hubungan antar-warga yang signifikan. Hari ini dan di tahun-tahun yang akan datang, kemakmuran, keamanan dan kesejahteraan warga Kanada akan semakin terkait dengan perkembangan ekonomi, sosial dan politik kawasan Indo-Pasifik."

"Kanada berkomitmen untuk meningkatkan keterlibatan diplomatik, keamanan, perdagangan dan ekonomi kami di kawasan ini untuk memastikan kami dapat memperoleh kesempatan bagi warga Kanada dan memajukan prioritas bersama kami."

Pada kunjungan ke Indonesia dan Vietnam, Menlu Mélanie Joly juga akan mengadakan pembicaraan tentang tantangan-tantangan global yang mendesak, termasuk diperlukannya solusi diplomatik atas invasi yang tak dapat dibenarkan terhadap Ukraina dan usaha Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam menangani krisis yang tengah berjalan di Myanmar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agenda Kunjungan ke Indonesia dan Vietnam

Selama perjalanannya, Menteri Joly akan menegaskan komitmen Kanada untuk terus terlibat di kawasan Indo-Pasifik.

Di Jakarta, Indonesia, Menteri Joly dijadwalkan untuk bertemu dengan pejabat pemerintah, termasuk Menteri Luar Negeri Repubik Indonesia Retno Marsudi, untuk menyoroti ulang tahun ke-70 hubungan bilateral dengan Indonesia yang merupakan mitra global yang strategis.

Selain itu, beliau juga akan bertemu dengan para pemangku kepentingan untuk kebijakan dan keamanan kawasan Indo-Pasifik dan dengan tokoh-tokoh feminis yang mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di Indonesia.

Dalam pertemuannya dengan pejabat ASEAN, beliau akan menegaskan kembali komitmen Kanada kepada ASEAN, terutama peranan sentralnya dalam membawa perdamaian, keamanan dan kemakmuran di Asia Tenggara.

Ilustrasi bendera Vietnam (wikimedia commons)

Di Hanoi, Vietnam, Menteri Joly akan bertemu dengan Perdana Menteri Phạm Minh Chính, Menteri Luar Negeri Bùi Thanh Sơn, dan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nguyễn Hồng Diên, untuk menggarisbawahi hubungan bilateral yang telah lama terjalin antara Kanada dan Vietnam menjelang ulang tahun ke-50 hubungan diplomatik kedua negara di tahun 2023.

Beliau juga akan mengunjungi Provinsi Thái Nguyên untuk bertemu dengan perempuan etnis minoritas dan mempelajari lebin lanjut tentang bagaimana bantuan pembangunan Kanada membantu memperkuat bisnis yang dipimpin perempuan di dalam konteks perubahan iklim dan pandemic COVID-19.

 

3 dari 4 halaman

Fakta Singkat Hubungan Kanada dan Indonesia

 

Kanada dan Indonesia merayakan ulang tahun hubungan diplomatik yang ke-70 pada tahun 2022. Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia, negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, demokrasi terbesar ketiga di dunia dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Tahun 2022, Kanada juga merayakan 45 tahun kerja sama dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Tahun 2023, Kanada dan Vietnam akan merayakan ulang tahun hubungan diplomatik yang ke-50. Vietnam adalah mitra dagang Kanada terbesar di kawasan ASEAN. Hubungan dagang bilateral terus berkembang meski terjadi penurunan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi.

“Kanada adalah mitra yang kuat, dapat diandalkan dan efektif bagi Indonesia, Vietnam dan ASEAN, dan perayaan atas kerja sama yang telah berlangsung selama beberapa dasawarsa adalah kesempatan yang sangat baik untuk merefleksikan pengalaman-pengalaman dan pencapaian-pencapaian kita,"  ujar Menlu Mélanie Joly.

"Saya menantikan kunjungan saya ke Indonesia dan Vietnam agar dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap kawasan ini, memperluas kemitraan, dan memberikan kontribusi yang sukses terhadap kawasan Indo-Pasifik yang lebih aman, berketahanan, inklusif dan berkelanjutan untuk kepentingan semua orang," imbuhnya lagi.

Kanada juga tercatat sebagai satu di antara 11 Partner Dialog ASEAN dan memiliki perwakilan diplomatik di 10 Negara Anggota dan juga seorang Duta Besar untuk ASEAN. Sebagai satu kesatuan, ASEAN adalah mitra dagang Kanada yang terbesar keenam.

 

4 dari 4 halaman

Selamat, Kanada Lolos ke Piala Dunia 2022

Kanada menjadi tim ke-20 yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Kanada memastikan tiket ke Qatar usai menang telak 4-0 saat bertemu Jamaika di BMO Field, Senin (28/3/2022) dini hari WIB.

Lolos ke Piala Dunia 2022 menjadi sesuatu yang spesial bagi Kanada. Mereka sudah lama tak ikut hajatan sepak bola besar. Terakhir kali mereka lolos ke Piala Dunia tahun 1986 saat Diego Maradona membawa Argentina juara.

Yang lebih spesial, Kanada menjadi negara pertama dari zona CONCACAF yang memastikan diri melaju ke putaran final Piala Dunia 2022.

Kemenangan atas Jamaica membuat Kanada mengoleksi 28 poin. Mereka unggul enam angka dari Amerika Serikat dan Meksiko. Serta memimpin sembilan poin dari peringkat empat Kosta Rika.

Perolehan poin Kanada sudah tidak mungkin lagi dikejar oleh Amerika Serikat atau Kosta Rika. Pasalnya di laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF, AS dan Kosta Rika harus saling bentrok.

Zona CONCACAF sendiri hanya meloloskan tiga tim teratas ke putaran final Piala Dunia 2022. Sedangkan posisi empat harus melakoni play-off.

Kanada langsung tancap gas demi mengamankan tiket ke Piala Dunia 2022. Kanada sudah unggul saat laga berjalan 13 menit melalui aksi dari Cyle Larin.

Gol kedua Kanada baru tercipta semenit setelah turun minum berkat aksi Tajon Buchanan. Di babak kedua, Kanada menambah dua gol lagi lewat David Hoilett dan bunuh diri Adrian Mariappa.

Di Indonesia sendiri, Piala Dunia 2022 Qatar dapat disaksikan secara gratis melalui berbagai media milik Emtek Grup.

Pecinta bola di Indonesia akan memiliki beragam pilihan menonton Piala Dunia 2022. Ada tayangan melalui TV terestrial hingga layangan OTT. Siaran langsung Piala Dunia 2022 akan tayang di SCTV, Indosiar, O Channel, Mentari TV, Vidio, Nex Parabola hingga Champions TV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.