Sukses

AS hingga Inggris Jatuhkan Sanksi Baru untuk Myanmar atas Kudeta 2021

Amerika Serikat, Inggris dan Kanada telah memberlakukan sanksi baru yang terkoordinasi terhadap Myanmar, dengan fokus pada pejabat militer senior.

Liputan6.com, D.C - Amerika Serikat, Inggris dan Kanada telah memberlakukan sanksi baru yang terkoordinasi terhadap Myanmar, dengan fokus pada pejabat militer senior, termasuk kepala angkatan udara yang baru diangkat dan mereka yang terkait dengan perdagangan senjata sebagai tanggapan atas tindakan brutal militer terhadap lawan-lawan terhadap pemerintahannya.

Sanksi AS menargetkan tiga tersangka pedagang senjata Myanmar serta perusahaan yang terkait dengan mereka, dan dua bisnis yang dikendalikan oleh pedagang senjata tay Zaw yang terkena sanksi, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (26/3/2022).

AS juga memberlakukan tindakan terhadap Divisi Infanteri Ringan ke-66, sebuah unit militer yang disalahkan karena membakar sekitar 30 warga sipil hidup-hidup di mobil mereka di negara bagian Kayah tenggara pada Malam Natal tahun lalu.

"Kami telah mengambil tindakan ini hari ini sebagai tanggapan atas meningkatnya kekerasan rezim, untuk menunjukkan dukungan kuat kami bagi rakyat Burma, dan untuk mempromosikan akuntabilitas sehubungan dengan kudeta dan kekerasan yang dilakukan oleh rezim," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan terus mengenakan biaya pada rezim militer dan mereka yang mendukungnya sampai menghentikan kekerasan dan mengembalikan jalan Burma menuju demokrasi."

Inggris mengambil tindakan terhadap pedagang senjata dan perusahaan dengan fokus pada mereka yang mencari dan memasok senjata ke angkatan udara, yang telah terlibat dalam pemboman desa-desa sipil, memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka.

"Militer Myanmar tidak menunjukkan tanda-tanda menghentikan kampanye kekerasan brutal terhadap rakyat Myanmar, yang terus berjuang untuk demokrasi," kata Menteri Inggris untuk Asia Amanda Milling dalam sebuah pernyataan.

"Sanksi ini menargetkan mereka yang berperan dalam memasok militer dengan senjata yang memfasilitasi pelanggaran ini di seluruh negeri.

"Bekerja dengan negara-negara yang berpikiran sama, Inggris akan selalu membela hak atas kebebasan, demokrasi, supremasi hukum dan meminta pertanggungjawaban rezim yang menekan dan brutal ini."

Kanada, sementara itu, menambahkan empat orang - termasuk Htun Aung - dan dua perusahaan ke daftar hitamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampanye Militer Brutal di Myanmar

Sejak merebut kekuasaan dari pemerintah terpilih Myanmar pada 1 Februari 2021, dan menahan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi, para jenderal telah melancarkan kampanye brutal terhadap mereka yang menentang pemerintahannya, menargetkan pengunjuk rasa damai serta warga sipil.

Lebih dari 1.700 orang telah tewas dalam tindakan keras tersebut, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, yang telah memantau situasi, dan ribuan orang dipaksa meninggalkan rumah mereka sebagai akibat dari pemboman udara.

"Menghentikan serangan udara militer Burma adalah prioritas yang paling mendesak, dan sangat baik untuk melihat pemerintah Inggris memulai proses penargetan pemasok ke angkatan udara," kata Mark Farmaner, direktur Burma Campaign UK, dalam sebuah pernyataan, mencatat bahwa serangan udara terjadi hampir setiap hari.

Awal bulan ini, dalam penilaian rinci pertama dari situasi tersebut, PBB menuduh militer melakukan kejahatan perang, termasuk penyiksaan dan pembunuhan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil dalam upayanya untuk meletakkan oposisi terhadap pemerintahannya.

Sebuah laporan pada hari Kamis dari Fortify Rights dan Schell Center mengatakan tentara dan polisi berada di bawah instruksi untuk dengan sengaja menembaki warga sipil. Mereka merekomendasikan 61 pejabat militer senior diselidiki atas 'kejahatan terhadap kemanusiaan'.

Sanksi baru datang pada minggu yang sama ketika AS mengumumkan bahwa mereka telah menentukan tindakan keras 2017 terhadap Rohingya yang mayoritas Muslim, yang mengirim sekitar 750.000 orang melintasi perbatasan ke Bangladesh, adalah genosida.

Para pegiat Rohingya juga menyambut baik langkah-langkah baru tersebut dan mendesak negara-negara untuk lebih memperluas sanksi.

"Memotong sumber pendapatan dan senjata untuk militer sangat penting, jadi sanksi baru ini sangat disambut baik," tun Khin, presiden Organisasi Rohingya Burma Inggris, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email.

"AS, Inggris dan Kanada memiliki strategi yang tepat dalam memberikan sanksi kepada militer dan sekutu-sekutunya, tetapi sanksi datang terlalu lambat. Mereka perlu meningkatkan laju sanksi dan memperluas ruang lingkup untuk memasukkan pendapatan gas dan bahan bakar penerbangan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini