Sukses

Sejarah Lahirnya Kuis Hari Bumi di Google dan Cara Memainkannya

Kuis Hari Bumi bisa meningkatkan kesadaran seseorang tentang lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Kuis Hari Bumi dari Google kembali viral di media sosial. Padahal, kuis itu sebetulnya berasal dari tahun 2015 dalam rangka memperingati Hari Bumi.

Hingga hari ini, Selasa (15/3/2022), kuis itu bisa diakses dengan mencari "Earth Day Quiz" di Google.

Alasan Google Doodle menampilkan Kuis Hari Bumi adalah agar netizen tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang hari tersebut. Kuis dinilai sebagai cara ampuh untuk menarik perhatian karena populer di kalangan netizen.

"Hari Bumi adalah waktu yang luar biasa untuk mencari informasi bagaimana cara merayakan dan melindungi planet kita, dan ini juga saat yang luar biasa untuk mengetahui sesuatu tentang diri kalian juga," tulis pihak Google pada 2015, seperti dilansir blog Google System.

Google juga mengajak para aktivis lingkungan untuk ikut kuis ini, salah satunya Dr. Jane Goodall yang mendapat hasil bangau whooping. Hewan itu adalah burung tertinggi di Amerika Utara.

Pada situs resminya, Google juga mengajak netizen untuk memberikan donasi ke sejumlah organisasi pelindung hewan. Google akan mendonasikan jumlah yang sama, jadi jika netizen donasi $10, maka Google juga akan donasi $10, sehingga hasilnya ganda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Main Kuis Hari Bumi

Kuis Hari Bumi sempat menjadi tren viral di warganet hari ini, Selasa (15/3/2022). Permainan ini memberikan pemainnya untuk mengetahui hewan apa yang "sesuai" dengan kepribadiannya.

Untuk sekadar mengikuti tren atau bersenang-senang, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menjajal permainan ini. Kuis Hari Bumi bisa diakses lewat laman pencarian Google, entah pakai ponsel atau desktop.

kamu cukup membuka laman Google.com seperti saat kamu ingin mencari sesuatu di internet. Lalu, ketik "Kuis Hari Bumi" di kolom pencarian.

Nantinya, di bagian teratas laman Google, kamu akan disuguhkan dengan sebuah kuis yang bertanya "Which Animal Are You?" atau dalam Bahasa Indonesia berarti: "Hewan apakah kamu?"

3 dari 4 halaman

Menjawab Pertanyaan

Pemain cukup menjawab pertanyaan soal kepribadian yang diajukan untuk mengetahui jawabannya. Nantinya, kamu akan bisa melihat hewan paling cocok denganmu serta deskripsi kepribadiannya.

Pemain pun dapat membagikan hasil permainan ini di media sosial, bermain lagi, atau melakukan pencarian soal hewan hasil kuis yang kamu jawab.

Usut punya usut, kuis ini dihadirkan oleh Google dalam rangka meramaikan peringatan Hari Bumi di tahun 2015. Di kuis itu terdapat beberapa pertanyaan soal aktivitas jelang akhir pekan, hobi dan tipe pasangan yang disukai.

Setelah menjawab serangkaian pertanyaan yang dilontarkan nantinya akan muncul ikon hewan dengan penjelasan sifat yang dimilikinya. Hewan dengan sifat yang ditampilkan Google disebutkan menyerupai penjawab pertanyaan.

Dikutip dari laman resminya, Google mengklaim bahwa hasil kuis yang ditampilkan di halaman muka mesin pencariannya itu 100 persen akurat dan ilmiah dalam merepresentasikan jawaban pengguna.

4 dari 4 halaman

Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.