Sukses

G20 Forum DEWG Dibuka, Menkominfo: Pemerintah RI Dorong Transformasi Digital yang Merata

Menurut Menteri Johnny, pembangun fasilitas ini adalah jawaban langsung dari pemanfaatan digital, baik ekonomi keuangan, perdagangan, teknologi, pendidikan, maupun kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - G20 Forum DEWG Dibuka, Menkominfo: Pemerintah RI Dorong Transformasi Digital yang Merata

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mengatakan pemerintah Indonesia terus mendorong transformasi digital yang merata.

"Selama lebih dari dua tahun terakhir, kegiatan ekonomi digital menjadi salah satu penopang utama pemulihan ekonomi Indonesia dan dunia akibat pandemi COVID-19," kata Menteri Johnny, dalam sambutan pembukaan Forum G20 Digital Ekonomi Working Grup (DEWG), Selasa (15/3/2022).

"Di bawah perintah presiden Jokowi terus melakukan pembangunan hulu digital merata di seluruh Indonesia," tambahnya.

Menurut Menteri Johnny, pembangun fasilitas ini adalah jawaban langsung dari pemanfaatan digital, baik ekonomi keuangan, perdagangan, teknologi, pendidikan, maupun kesehatan.

"Tahun 2022 diperkirakan ada 4,9 miliar pengguna internet. Sekitar 204 juta pengguna internet di Indonesia terdapat lalu lintas data dan konsumsi data sebesar 64,2 zetabyte," kata Menteri Johnny.

"Diperkirakan, akan tumbuh tiga kali lipat di tahun 2025," tambahnya.

Menteri Johnny menekankan bahwa optimalisasi potensi ini harus sejalan dengan pembangunan fasilitas. Sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi digital signifikan dan inklusif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

G20 Momentum Baik Bagi Indonesia

Menteri Johnny menyebut G20 merupakan momentum penting bagi Indonesia untuk memandu diskusi antarnegara dalam ekosistem digital global.

"Maka dari itu, membentuk ini adalah kesempatan bersejarah bagi Indonesia dalam memantapkan posisi strategis untuk menavigasikan arah perkembangan perekonomian dunia lewat Digital Economy Working Group," kata Menteri Johnny.

"Ini akan menghadirkan berbagai event yang beresonansi dengan ketiga yang dibahas di meja-meja perundingan salah satunya adalah digital Indonesia. Network yang memfasilitasi jalinan kerjasama antara pemerintah dan pelaku inovasi digital swasta sebagai katalisator pemulihan ekonomi dunia pasca pandemi COVID-19 melalui utilisasi teknologi digital transformation Expo."

"Melalui pertemuan ini, kita akan terus fasilitasi tercapainya kesepakatan strategis yang kongkrit, resilint, inklusif dan memberdayakan serta berkelanjutan."

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.