Sukses

Gedung Putih: Rusia Mungkin Bakal Luncurkan Serangan Kimia ke Ukraina

Gedung Putih AS mengatakan kemungkinan Rusia meluncurkan serangan kimia.

Liputan6.com, Washington - Rusia dapat merencanakan serangan senjata kimia atau biologi di Ukraina - dan "kita semua harus waspada", kata Gedung Putih.

Dikutip BBC, Kamis (10/3/2022), Sekretaris pers Jen Psaki mengatakan klaim Rusia tentang laboratorium senjata biologis AS, dan pengembangan senjata kimia di Ukraina, tidak masuk akal.

Dia menyebut klaim palsu sebagai "taktik yang jelas" untuk mencoba membenarkan serangan terencana dan tidak beralasan lebih lanjut.

Itu terjadi setelah pejabat Barat berbagi kekhawatiran yang sama tentang serangan baru. Mereka mengatakan mereka "sangat prihatin" tentang risiko perang yang bisa meningkat, dan khususnya kemungkinan Rusia menggunakan senjata non-konvensional.

Ini kemungkinan besar mengacu pada senjata kimia meskipun istilah ini juga mencakup senjata nuklir taktis (skala kecil), senjata biologis, dan bom kotor.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ancaman Senjata Kimia

Psaki berkata: "Kita semua harus waspada terhadap Rusia yang mungkin menggunakan senjata kimia atau biologi di Ukraina, atau untuk membuat operasi bendera palsu menggunakan mereka - ini adalah pola yang jelas."

Sebelumnya pada hari Rabu, Kementerian Pertahanan mengatakan dalam sebuah tweet bahwa Rusia telah menggunakan roket termobarik di Ukraina. 

Roket ini juga dikenal sebagai bom vakum karena menyedot oksigen dari udara sekitarnya untuk menghasilkan ledakan suhu tinggi.

Hal ini membuat mereka lebih dahsyat daripada bahan peledak konvensional dengan ukuran yang sama, dan dapat memiliki dampak yang mengerikan pada orang-orang yang terperangkap dalam radius ledakan mereka.

3 dari 3 halaman

Infografis Presiden Ukraina Geram Ditolak NATO:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.