Sukses

Korban Tewas Banjir Australia Naik Jadi 20, Ribuan Warga Sydney Mengungsi

Banjir Australia memaksa ribuan orang harus mengungsi dari Sydney.

Liputan6.com, Sydney - Puluhan ribu penduduk Sydney telah diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka saat badai hebat dan banjir bandang menggenangi petak kota terbesar di Australia pada Selasa (8 Maret).

Biro cuaca nasional memperingatkan "48 jam ke depan yang sulit" untuk kota itu, dengan 60.000 orang tunduk pada perintah evakuasi dan peringatan di seluruh daerah yang terkena dampak, menurut layanan darurat. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Selasa (8/3/2022).

Korban tewas akibat banjir sepekan yang oleh para pejabat disebut "belum pernah terjadi sebelumnya" di sebagian besar pantai timur Australia naik menjadi 20 pada Selasa, setelah jasad seorang pria dan seorang wanita ditemukan di banjir di Sydney.

Polisi mengatakan "diduga" pasangan itu adalah ibu dan anak yang hilang yang mobilnya ditinggalkan di kanal stormwater.

"Ini sangat mirip dengan kebakaran hutan 'Musim Panas Hitam' ," kata juru bicara layanan darurat Phil Campbell kepada AFP.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banjir Parah

Dalam seminggu terakhir, skala kerusakan properti dan satwa liar serupa dengan kebakaran hutan yang menghancurkan, katanya, yang melanda timur Australia selama berbulan-bulan pada akhir 2019 dan awal 2020.

"Kami juga memiliki efek serupa pada masyarakat dalam hal dislokasi dengan jalan ditutup, infrastruktur rusak, listrik padam," kata Campbell.

Di bagian utara negara bagian New South Wales - di mana banjir pekan lalu menghancurkan rumah, menghanyutkan mobil dan membuat ratusan penduduk terdampar di atap mereka - pembersihan yang lama dan lambat sedang berlangsung.

Ada 800 orang di akomodasi darurat di wilayah Sungai Utara negara bagian saja, komisaris layanan darurat negara bagian Charlene York.

Australia berada di ujung tombak akibat perubahan iklim, dengan kekeringan, kebakaran hutan yang mematikan, peristiwa pemutihan di Great Barrier Reef dan banjir menjadi lebih umum dan intens seiring perubahan pola cuaca global.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.