Sukses

Citra Satelit AS Klaim Deteksi Pengerahan Baru Militer Rusia Dekat Ukraina

Beredar kabar citra satelit AS Maxar menunjukkan ada peningkatan kekuatan Rusia berlanjut di tengah-tengah upaya diplomasi untuk meredakan krisis di Ukraina.

Liputan6.com, Washington D.C - Sebuah perusahaan swasta AS menerbitkan citra satelit komersial yang menunjukkan pengerahan baru militer Rusia di beberapa lokasi dekat Ukraina. Gambaran tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kekuatan Moskow berlanjut di tengah-tengah upaya diplomasi untuk meredakan krisis.

Rusia mengadakan latihan militer bersama di bekas republik Soviet, Belarus, serta latihan angkatan laut di Laut Hitam, sebagai bagian dari peningkatan aktivitas militer di dekat Ukraina yang memicu kekhawatiran mengenai invasi mendatang. Rusia membantah memiliki rencana untuk menyerang.

Maxar Technologies yang berbasis di AS, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (13/2/2022), telah melacak pengerahan pasukan Rusia selama berpekan-pekan dan menyatakan citra yang diambil pada Rabu (9/2) dan Kamis (10/2) itu menunjukkan pengerahan baru yang signifikan di beberapa lokasi di Krimea yang dianeksasi Rusia, di bagian barat Rusia dan Belarus. Kendati demikian citra tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters.

Di Krimea, yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada tahun 2014, Maxar menyatakan telah mengidentifikasi pengerahan besar-besaran baru tentara dan peralatan di lapangan terbang Oktyabrskoye di sebelah utara kota Simferopol, yang mencakup 550 tenda tentara dan ratusan kendaraan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini yang Terpantau Satelit Maxar AS

Pasukan dan peralatan baru juga tiba di dekat Novoozernoye, Krimea, sebut Maxar, seraya menunjukkan pengerahan baru di dekat Kota Slavne, di pesisir barat laut Semenanjung Krimea.

Di Belarus, lokasi latihan gabungan utama, Maxar menyatakan telah mengidentifikasi pengerahan baru pasukan, kendaraan militer dan helikopter di lapangan terbang Zyabrovka dekat Gomel, kurang dari 25 kilometer dari perbatasan dengan Ukraina.

Dalam pernyataan yang dikirim melalui email pada Kamis malam, Maxar menyatakan pengerahan besar pasukan dan kekuatan lainnya telah tiba baru-baru ini di daerah latihan Kursk di Rusia Barat, sekitar 110 kilometer di sebelah timur perbatasan Ukraina.

Sejauh ini Rusia belum mengungkapkan berapa banyak tentara yang dikerahkan dan menyatakan berhak untuk memindahkan pasukan di sekitar wilayahnya yang dianggap sesuai. Rusia menegaskan pengerahan itu tidak menimbulkan ancaman eksternal.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Komitmen Bersama Tangani Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.