Sukses

Studi Ini Kuak Hamster Jadi Biang Penyebar COVID-19 ke Manusia di Hong Kong

Studi ini memberikan bukti pertama yang terdokumentasi tentang penularan varian Delta dari hamster ke manusia di Hong Kong.

Liputan6.com, Hong Kong - Para peneliti Hong Kong telah menemukan bukti bahwa hamster peliharaan dapat menyebarkan COVID-19 ke manusia, dan mengaitkan hewan tersebut dengan infeksi pada manusia di kota tersebut.

Studi yang diterbitkan pada Sabtu 29 Januari 2022 di The Lancet sebagai pracetak dan belum ditinjau oleh rekan sejawat, memberikan bukti pertama yang terdokumentasi tentang penularan varian Delta dari hamster ke manusia.

Seperti juga dikutip dari The Straits Times, Senin (31/1/2022), disebutkan bahwa para peneliti dari Universitas Hong Kong dan pemerintah kota menemukan dua kasus independen penularan tersebut, setelah menguji usap virus dan sampel darah dari hewan yang dikumpulkan dari toko hewan peliharaan setempat.

Hamster tersebut terinfeksi sekitar 21 November, sebelum mereka diimpor ke Hong Kong, menunjukkan perdagangan hewan peliharaan mungkin menjadi jalur yang memfasilitasi COVID-19 untuk menyebar melintasi perbatasan, menurut penelitian tersebut.

"Studi ini mengungkapkan bahwa hamster peliharaan dapat tertular infeksi Sars-CoV-2 dalam kehidupan nyata dan dapat menularkan virus kembali ke manusia," kata para peneliti dalam penelitian tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemusnahan Hamster

Sars-CoV-2 yang beredar pada hamster dapat memungkinkan penularan virus yang berkelanjutan pada manusia.

Sebelumnya, pemerintah Hong Kong memerintahkan pemusnahan ribuan hamster setelah infeksi di toko hewan peliharaan.

Selain itu pemerintah Hong Kong juga menyarankan anggota masyarakat awal bulan ini untuk menyerahkan hamster yang dibeli pada atau setelah 22 Desember, setelah beberapa pekerja toko hewan peliharaan dan pelanggan dinyatakan positif COVID-19, dan beberapa hewan yang diimpor dari Belanda di toko positif COVID-19 dalam pengujian awal.

3 dari 3 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.