Sukses

Puluhan Orang Dikhawatirkan Tewas Usai Ledakan Dahsyat Guncang Wilayah Barat Ghana

Liputan6.com, Accra - Puluhan orang dikhawatirkan tewas setelah sebuah truk yang membawa bahan peledak pertambangan bertabrakan dengan sebuah sepeda motor di Ghana barat hingga memicu ledakan yang menyebabkan ratusan bangunan hancur.

Dikutip dari laman The Guardian, Jumat (21/1/2022), kecelakaan itu terjadi sekitar tengah hari di Apiate, dekat kota pertambangan Bogoso, 300km (180 mil) barat ibukota negara Afrika Barat, Accra.

 

Sebuah kawah besar tertinggal setelah ledakan, setelah sebuah truk yang sedang berjalan di antara dua tambang emas di wilayah kaya mineral itu, menabrak sebuah sepeda motor.

Jumlah pasti korban belum dikonfirmasi secara resmi, tetapi kepala pemerintah kota Prestea Huni-Valley, tempat ledakan terjadi, Isaac Dsamani, mengatakan kepada media lokal bahwa para pejabat telah menghitung "sekitar 17 jasad," sejauh ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bangunan Ikut Hancur

Sedikitnya 57 orang yang terluka telah dibawa ke rumah sakit setempat, kata pejabat darurat. Seji Saji Amedonu, wakil direktur jenderal Organisasi Nasional Penanggulangan Bencana, mengatakan lebih dari 500 bangunan telah hancur.

Gambar grafis dan rekaman yang diposting oleh media lokal dan saksi menunjukkan mayat dan korban luka-luka di tanah, serta rumah-rumah rata dan hancur.

Presiden Ghana Nana Akufo-Addo mengatakan ledakan itu adalah "insiden yang benar-benar menyedihkan, tidak menguntungkan dan tragis," dalam sebuah pernyataan, dan mengatakan bahwa ledakan itu telah menyebabkan "kehilangan nyawa dan kehancuran properti."

Luasnya kerusakan dan korban yang disebabkan oleh ledakan itu telah mengejutkan seluruh Ghana.

Layanan darurat mengatakan sedang melanjutkan upaya penyelamatan di kota dan sebagian besar korban yang masih hidup telah diselamatkan katanya. Banyak korban ditemukan terjebak di rumah runtuh dan bangunan.

“Beberapa dari mereka berada di kamar, dan kemudian mereka terjebak. Kami berhasil menyelamatkan beberapa dari mereka. Beberapa dari mereka juga, sayangnya sebelum kami menyelamatkan mereka, mereka sudah pergi,” kata Dsamani.

Saksi mata mengatakan kepada pejabat setempat bahwa setelah tabrakan, seorang pengemudi yang terlibat dalam kecelakaan itu mencoba memperingatkan penduduk setempat untuk melarikan diri, setelah sepeda motor terbakar. 

“Jadi pengemudi turun dan menyuruh orang-orang untuk melarikan diri. Dan beberapa orang mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Saat pengemudi berteriak agar orang-orang melarikan diri.. Dalam waktu sekitar 10 menit, semuanya meledak,'" kata Dsamani. 

“Jadi orang-orang yang mencoba datang ke tempat kejadian, adalah orang-orang yang paling terkena dampak.”

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Kasus Varian Omicron di Jakarta: