Sukses

1 Korban Tewas Pertama Dilaporkan Akibat Tsunami Tonga

Kematian pertama yang diketahui di Tonga telah dikonfirmasi dan diidentifikasi sebagai seorang wanita Inggris yang tersapu tsunami.

Liputan6.com, Nuku'alofa - Kematian pertama akibat ledakan vulkanik bawah laut besar-besaran di dekat negara kepulauan Pasifik, Tonga, telah dikonfirmasi,. Kendati demikian tingkat kerusakan masih belum diketahui pada Senin 17 Januari 2022.

Kematian pertama yang diketahui di Tonga telah dikonfirmasi dan diidentifikasi sebagai seorang wanita Inggris yang tersapu tsunami. Dia diidentifikasi sebagai Angela Glover, berusia 50 tahun dan tinggal di ibu kota Tonga bersama suaminya James, kata saudara laki-laki Glover, Nick Eleini, kepada media Inggris.

"Dua wanita juga dilaporkan tenggelam pada  Sabtu 15 Januari di Peru utara dalam gelombang besar yang terekam setelah ledakan vulkanik," kata pihak berwenang di sana seperti dikutip dari Arab News, Selasa (18/1/2022).

Hanya potongan-potongan informasi yang disaring melalui beberapa telepon satelit di pulau-pulau yang berpenduduk lebih dari 100.000 orang. Dalam salah satu dari sedikit komunikasi dengan dunia luar, dua ahli biologi kelautan Meksiko yang terdampar meminta bantuan dari pemerintah mereka, menggunakan telepon satelit yang disediakan oleh kedutaan Inggris untuk menelepon keluarga mereka.

"Mereka mengatakan berlindung di sebuah hotel dekat bandara dan meminta bantuan kami untuk meninggalkan pulau itu," Amelia Nava, saudara perempuan Leslie Nava yang berusia 34 tahun mengatakan kepada AFP di Meksiko.

Tonga hingga kini masih terputus dari dunia luar, setelah letusan gunung berapi melumpuhkan komunikasi dan menghentikan upaya bantuan darurat.

Sudah dua hari sejak gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus, menyelubungi Tonga dalam lapisan abu, memicu tsunami di seluruh Pasifik dan melepaskan gelombang kejut yang mengejutkan seluruh Bumi. Tetapi dengan saluran telepon yang masih terputus dan kabel internet bawah laut terputus - dan diperkirakan tidak akan diperbaiki selama berminggu-minggu - jumlah sebenarnya dari kerugian (korban-kerusakan) dari bencana ganda letusan -tsunami belum diketahui.

Sementara itu, negara tetangga Tonga yang khawatir masih berjuang untuk memahami skala kerusakan, yang menurut pemimpin Selandia Baru Jacinda Ardern diyakini "signifikan". Baik Wellington dan Canberra mengerahkan pesawat pengintai pada Senin 17 Januari, dalam upaya untuk mengetahui kerusakan dari udara. Kedua pemimpin wilayah tersebut telah menempatkan pesawat angkut militer C-130 dalam keadaan siaga untuk menjatuhkan pasokan darurat atau mendarat jika landasan pacu dianggap operasional dan awan abu tak menghalangi pandangan memungkinkan proses pendaratan.

Ada laporan awal bahwa daerah pantai barat Tonga mungkin terkena dampak parah.

Menteri Pembangunan Internasional Australia, Zed Seselja, mengatakan kontingen kecil polisi Australia yang ditempatkan di Tonga telah menyampaikan evaluasi awal yang "cukup memprihatinkan". Mereka "mampu melakukan penilaian terhadap beberapa area pantai Barat dan ada beberapa kerusakan yang cukup signifikan pada hal-hal seperti jalan dan beberapa rumah," kata Seselja.

"Salah satu kabar baiknya adalah saya mengerti bandara tidak mengalami kerusakan signifikan," tambahnya. “Itu akan menjadi sangat, sangat penting saat awan abu menghilang dan kami dapat memiliki penerbangan yang datang ke Tonga untuk tujuan kemanusiaan."

Badan-badan bantuan besar, yang biasanya bergegas untuk memberikan bantuan kemanusiaan darurat, mengatakan mereka terjebak dalam pola penahanan, tidak dapat menghubungi staf lokal.

"Dari sedikit pembaruan yang kami miliki, skala kehancuran bisa sangat besar — ​​terutama untuk pulau-pulau terpencil," kata Katie Greenwood, Kepala Delegasi Pasifik IFRC.Bahkan ketika upaya bantuan sedang berlangsung, mereka mungkin diperumit oleh pembatasan masuk Covid-19. Tonga baru-baru ini melaporkan kasus virus corona pertamanya.

Prancis, yang memiliki wilayah di Pasifik Selatan, berjanji untuk membantu rakyat Tonga.

"Prancis bersedia untuk menanggapi kebutuhan paling mendesak penduduk," kata kementerian luar negeri. Bantuan ini akan diberikan melalui mekanisme bantuan kemanusiaan dengan Australia dan Selandia Baru yang dikenal sebagai FRANZ, tambah kementerian.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ledakan Terbesar dalam Beberapa Dekade

Apa yang diketahui adalah bahwa ledakan vulkanik Sabtu 15 Januari adalah salah satu yang terbesar yang tercatat dalam beberapa dekade, meletus 30 kilometer (sekitar 19 mil) ke udara dan menyemburkan abu, gas, dan hujan asam di seluruh Pasifik.

Letusannya tercatat di seluruh dunia dan terdengar hingga Alaska, memicu tsunami yang membanjiri garis pantai Pasifik dari Jepang hingga Amerika Serikat. Ibu kota Tonga, Nuku'alofa, diperkirakan diselimuti abu settebal 1-2 cm, berpotensi meracuni pasokan air dan menyebabkan kesulitan bernapas.

"Kami tahu air adalah kebutuhan mendesak," kata Ardern kepada wartawan. Setelah berbicara dengan kedutaan Selandia Baru di Tonga, dia menggambarkan bagaimana perahu dan "batu-batu besar" terdampar.

Menteri pertahanan Wellington mengatakan dia memahami negara kepulauan itu telah berhasil memulihkan kekuatan di "sebagian besar" kota. Tapi komunikasi masih terputus.

Letusan itu memutuskan kabel komunikasi bawah laut antara Tonga dan Fiji yang menurut operator akan memakan waktu berminggu-minggu untuk diperbaiki.

"Kami mendapatkan informasi yang tidak jelas, tetapi sepertinya kabelnya telah terputus," kata direktur jaringan Southern Cross Cable Network Dean Veverka kepada AFP.

"Untuk perbaikannya bisa memakan waktu hingga dua minggu. Kapal peletakan kabel terdekat ada di Port Moresby,” tambah Dean Veverka, merujuk pada ibu kota Papua Nugini yang berjarak lebih dari 4.000 kilometer dari Tonga.

Tonga pernah diisolasi dari dunia luar selama dua minggu pada tahun 2019 ketika sebuah jangkar kapal memotong kabelnya internet bawah laut.

Sebuah layanan satelit kecil yang dioperasikan secara lokal didirikan untuk memungkinkan kontak minimal dengan dunia luar sampai kabel dapat diperbaiki.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.