Sukses

Mudah Kaget dengan Suara Kecil, Apakah Itu Normal?

Sangat normal jika seseorang sampai melompat jika ada suara yang sangat keras dan asing. Tetapi ketika Anda dikejutkan oleh suara terkecil, apakah itu normal?

Liputan6.com, Jakarta Saat mendengar suara kencang tiba-tiba, rata-rata orang pasti akan terkejut dan kaget.

Sangat normal jika seseorang sampai melompat jika ada suara yang sangat keras dan asing. Tetapi ketika Anda dikejutkan oleh suara terkecil, apakah itu normal?

Dikutip dari laman healthcare.utah.edu, Selasa (11/1/2022) jawabannya mungkin itu tidak terlalu normal. Kirtly Parker Jones, seorang ahli menyatakan bahwa itu kedengarannya tidak normal dan tidak terlalu menyenangkan.

Rasa kaget biasanya dipengaruhi oleh kortisol yang terkadang membuat kita stres.

Ketika bayi lahir, biasanya mereka memiliki tingkat kortisol yang tinggi dan lebih mudah sensitif pendengarannta.

Suara-suara kecil yang mengejutkan membuat mereka gelisah, inilah yang dialami oleh bayi. Tetapi, menurut Jones, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan keadaan hyperarousable (gangguan mood dan kecemasan).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Rasa Sensitif

Munculnya sifat sensitif yang menimbulkan kortisol dan hyperarousable diprediksi dari kafein.

Ketika Anda minum kopi atau minuman lain yang mengandung banyak kafein sepanjang waktu, orang-orang menjadi sangat bersemangat.

Mereka mudah beraktivitas dan bisa juga sangat mudah tersinggung. Otak mereka mudah terpengaruh, artinya, suara keras yang sama yang tidak mengganggu orang lain tampaknya mengganggu mereka.

Suara-suara yang begitu keras, cahaya yang terang, membuat otak menjadi mudah terpengaruh atau yang disebut sebagai hiperiritable (ketegangan syaraf otak).

3 dari 3 halaman

Infografis Siap-Siap Vaksinasi Booster Covid-19 Dimulai 12 Januari 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.