Sukses

Lebih dari 1 Juta Dosis Vaksin COVID-19 di Nigeria Terbuang Sia-Sia

Bulan lalu, laporan menemukan bahwa hingga satu juta dosis vaksin COVID-19 di Nigeria terbuang sia-sia.

Liputan6.com, Dakar - Hingga satu juta vaksin COVID-19 diperkirakan telah kedaluwarsa di Nigeria bulan lalu tanpa digunakan, dua sumber mengatakan kepada Reuters.

Ini merupakan kasus kehilangan dosis vaksin terbesar yang menunjukkan kesulitan negara-negara Afrika mendapatkan vaksin senjata.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (8/12/2021), pemerintah di benua berpenduduk lebih dari satu miliar orang telah mendorong lebih banyak pengiriman vaksin karena tingkat inokulasi tertinggal dari wilayah yang lebih kaya, meningkatkan risiko varian baru seperti virus corona Omicron yang sekarang menyebar ke seluruh Afrika Selatan.

Di Nigeria, negara terpadat di Afrika dan rumah bagi lebih dari 200 juta orang, kurang dari 4 persen orang dewasa telah divaksinasi penuh, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, lonjakan pasokan baru-baru ini telah menyebabkan masalah baru: banyak negara Afrika mendapati bahwa mereka tidak memiliki kapasitas untuk mengelola vaksinasi, beberapa di antaranya memiliki masa simpan yang pendek.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kadaluwarsa

Dosis kadaluwarsa dibuat oleh AstraZeneca dan dikirim dari Eropa, sumber yang memiliki pengetahuan langsung tentang pengiriman dan penggunaan vaksin mengatakan kepada Reuters. Mereka dipasok melalui COVAX, fasilitas berbagi dosis yang dipimpin oleh aliansi vaksin GAVI dan WHO yang semakin bergantung pada sumbangan.

Sumber ketiga yang mengetahui pengiriman mengatakan beberapa dosis tiba dalam empat hingga enam minggu kedaluwarsa dan tidak dapat digunakan tepat waktu, meskipun ada upaya oleh otoritas kesehatan.

Hitungan dosis yang kadaluwarsa masih berlangsung dan jumlah resminya belum ditentukan, kata sumber tersebut.

"Nigeria melakukan semua yang bisa dilakukan. Tapi mereka berjuang dengan vaksin yang berumur pendek," kata salah satu dari mereka kepada Reuters. 

"Sekarang (pasokan) tidak dapat diprediksi dan mereka mengirim terlalu banyak."

Seorang juru bicara Badan Pengembangan Perawatan Kesehatan Primer Nasional - badan yang bertanggung jawab untuk vaksinasi di Nigeria - mengatakan jumlah vaksin yang diterima dan digunakan masih dihitung dan akan membagikan temuannya dalam beberapa hari mendatang.

WHO mengatakan dosis telah kedaluwarsa, tetapi menolak memberikan angka. Dikatakan 800.000 dosis tambahan yang berisiko kadaluwarsa pada bulan Oktober semuanya digunakan tepat waktu.

"Pemborosan vaksin diperkirakan terjadi dalam program imunisasi apa pun, dan dalam konteks penyebaran COVID-19 adalah fenomena global," kata WHO dalam sebuah pernyataan menanggapi pertanyaan Reuters. Dikatakan vaksin yang dikirim dengan masa simpan "sangat pendek" merupakan suatu masalah.

3 dari 3 halaman

Infografis Anak Indonesia Usia 6-11 Tahun Siap Terima Vaksin Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.