Sukses

Wilayah di Spanyol Mulai Perketat Aturan Pembatasan COVID-19

Wilayah Katalonia di Spanyol memperketat aturan pembatasan COVID-19.

Liputan6.com, Barcelona - Wilayah Catalonia Spanyol berencana untuk menuntut bukti vaksinasi COVID-19 atau tes negatif untuk masuk ke bar, restoran, dan stadion, sementara wilayah lain mendorong pembatasan serupa untuk menjinakkan tingkat infeksi yang meningkat.

Gelombang infeksi terbaru di Spanyol, yang telah sepenuhnya memvaksinasi 79 persen dari populasinya, tetap jauh di bawah tingkat yang terlihat di Austria dan Belanda, tetapi pihak berwenang melihat risiko itu meningkat dengan cepat di luar kendali. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (24/11/2021).

Juru bicara pemerintah daerah Catalan Patricia Plaja mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah akan meminta persetujuan yudisial untuk izin COVID-19 untuk "mengurangi risiko infeksi dan untuk menghindari kelebihan sistem kesehatan".

Aturan pembatasan COVID-19 dianggap melanggar kebebasan sipil mendasar, memerlukan persetujuan dari pengadilan regional, yang tanggapannya terhadap permintaan pemerintah beragam.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus di Catalonia

Catalonia, wilayah timur laut yang makmur, memiliki tingkat infeksi 14 hari sebesar 183 kasus per 100.000 orang, di atas rata-rata Spanyol 132 dan angka 150 dianggap sebagai "berisiko tinggi".

Wilyah itu sudah membutuhkan izin COVID-19 untuk masuk ke klub malam.

Tingkat keterisian tempat tidur perawatan intensif oleh pasien COVID-19 rata-rata hanya 5 persen, tetapi beberapa daerah seperti Catalonia dan Aragon berada di atas 11 persen.

Di Navarre, di seberang Pyrenees dari pesisir Catalonia, pihak berwenang mengatakan mereka akan meminta persetujuan pengadilan pada Rabu untuk izin COVID-19 di restoran dan klub malam selama musim liburan Natal.

3 dari 3 halaman

Infografis Strategi Cegah Lonjakan Kasus dan Gelombang 3 Covid-19 Saat Libur Nataru:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.