Sukses

Malala Yousafzai, Peraih Nobel Perdamaian yang Pernah Ditembak Taliban Menikah dengan Sederhana

Malala Yousafzai yang pernah ditembak di kepala oleh militan Taliban menikah. Ia mengumumkan pernikahannya melalui akun media sosial.

Liputan6.com, Birmingham - Peraih Nobel Perdamaian dan aktivis pendidikan yang pernah ditembak di kepala oleh militan Taliban, Malala Yousafzai menikah. Ia mengumumkan pernikahannya melalui akun media sosial Twitter.

Juru kampanye hak asasi manusia Pakistan berusia 24 tahun yang ditembak oleh Taliban karena berani menyuarakan pendidikan, memposting gambar di Twitter tentang pernikahannya pada Selasa 10 November 2021 dengan sang suami, Asser Malik dan keluarganya.

"Hari ini menandai hari yang berharga dalam hidup saya," tulis Malala Yousafzai yang dikutip dari AP News, Rabu (10/11/2021).

"Asser dan saya mengikat janji untuk menjadi partner seumur hidup. Kami merayakan upacara pernikahan kecil-kecilan di rumah di Birmingham bersama keluarga kami. Mohon kirimkan doa-doa Anda kepada kami. Kami bersemangat untuk berjalan bersama ke masa depan."

Akun Twitter yang berisi pengumuman Malala Yousafzai menikah dibanjiri dengan ekspresi niat baik atas pernikahan mereka.

Suami Malala, Asser Malik adalah general manager of high performance di Dewan Kriket Pakistan.

Mengutip CNN, pengumuman pernikahan Malala telah diumumkan olehnya via Instagram lebih dahulu pada Selasa 9 November.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekilas Kisah Malala Yousafzai Jadi Korban Penembakan Taliban

Malala Yousafzai menjadi sasaran Taliban karena keberatannya yang tak henti-hentinya terhadap interpretasi regresif kelompok tersebut tentang Islam yang membatasi akses anak perempuan ke pendidikan. Dia ditembak saat pulang dari sekolah di Lembah Swat Pakistan pada tahun 2012.

Dia pergi ke kota Inggris Birmingham untuk perawatan medis dan keluarganya akhirnya bergabung dengannya. Dia kembali ke sekolah sesegera mungkin tetapi terus berkampanye untuk hak atas pendidikan bagi orang lain.

Yousafzai menjadi penerima Nobel termuda ketika dia berbagi Hadiah Perdamaian 2014 dengan aktivis hak anak-anak India Kailash Satyarthi atas pekerjaan mereka atas nama anak-anak dan hak-hak pendidikan.

Dia lulus dari Universitas Oxford pada tahun 2020.

3 dari 3 halaman

Infografis Taliban Rebut Kabul, Afghanistan Genting

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.