Sukses

Buruh Gelar Demonstrasi di Korea Selatan, Terinspirasi Squid Game

Di Korea Selatan, serial hit Squid Game telah bergema dengan ribuan pekerja serikat pekerja sampai-sampai telah mengilhami protes skala besar terhadap dugaan penanganan ekonomi pemerintah yang buruk.

Liputan6.com, Seoul - Tidak jarang hari ini melihat sensasi viral dan meme sosial menjadi tulang punggung demonstrasi dan kampanye untuk berbagai penyebab.

Di Korea Selatan, serial hit Squid Game telah bergema dengan ribuan pekerja serikat pekerja sampai-sampai telah mengilhami protes skala besar terhadap dugaan penanganan ekonomi pemerintah yang buruk, demikian seperti dilansir Mashable, Sabtu (23/10/2021).

Pada hari Rabu, 20 Oktober 2021 sekitar 80.000 anggota Konfederasi Serikat Pekerja Korea Selatan berkumpul di 13 kota yang berbeda di seluruh negeri untuk memprotes penurunan ekonomi terbaru dan menuntut agar pemerintah memberi mereka kondisi kerja yang lebih baik dan upah minimum yang lebih tinggi.

Di ibu kota Seoul, tidak kurang dari 27.000 pekerja ini mengenakan kostum pink soldier Squid Game, berkumpul untuk menyampaikan frustrasi mereka secara terbuka, dengan premis acara Netflix yang menunjukkan orang kaya memangsa miskin beresonansi kuat dengan para peserta demo.

Serial yang telah mendapat pengakuan internasional sejak ditayangkan beberapa minggu yang lalu berfokus pada sekelompok besar 456 orang dewasa miskin.

Kelompok ini diundang untuk berpartisipasi sebagai kontestan dalam serangkaian permainan menang atau kalah yang mematikan, dengan yang terakhir hidup diberi hadiah dengan jumlah sebesar US $ 40 juta (KRW 45 miliar).

Permainan kemudian terungkap tidak lebih dari hiburan murni untuk sekelompok kecil miliarder yang sangat kaya dari seluruh dunia, yang menganggap para kontestan sebagai tidak lebih dari mainan sekali pakai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencerminkan Kesenjangan Kelas di Korea Selatan

Satu artikel yang diterbitkan pada tahun 2016 mencatat bahwa pekerja Korea Selatan dipaksa bekerja sekitar 44,6 jam per minggu, yang mengalahkan jumlah rata-rata jam kerja yang dialami oleh mereka yang berada di negara-negara Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) lainnya.

Seorang pekerja bernama Lee – mantan pekerja di produsen mobil Ssangyong yang menjadi depresi setelah kehilangan pekerjaannya dalam PHK massal pada tahun 2009 – mengatakan bahwa adegan dari Squid Game sulit ditonton karena betapa miripnya dengan kehidupan nyata.

"Dalam 'Squid Game', Anda melihat karakter berebut untuk bertahan hidup setelah diberhentikan di tempat kerja, berjuang untuk mengoperasikan restoran ayam goreng, atau bekerja sebagai 'supir mabuk' yang dibayar untuk mengemudikan orang mabuk pulang dengan mobil mereka sendiri," katanya. "Itu mengingatkan saya pada rekan kerja saya yang meninggal."

Di sekitar Korea Selatan, citra kaya negara itu telah mendustakan situasi ekonomi yang menakutkan selama pandemi, di mana pekerjaan bergaji baik menjadi langka, dan banyak yang dipaksa berjudi atau melindungi dana mereka pada cryptocurrency untuk mencapai keamanan finansial.

Bahkan dilaporkan bahwa utang rumah tangga nasional negara itu mencapai lebih dari US $ 1,5 triliun, yang melebihi output ekonomi tahunan negara itu. Akibatnya, tingkat kelahiran di seluruh negeri juga menurun.

Meskipun langkah-langkah pembatasan sosial masih berlaku, sebagian besar demonstrasi di Seoul terjadi di Gwanghwamun Plaza kota, dan menyebabkan tidak kurang dari 12.000 polisi yang akan garnisun di daerah itu, mendirikan blokade dan hambatan untuk memastikan tidak ada yang lepas kendali.

Sehari setelah protes, pemerintah kota Seoul mengatakan bahwa mereka telah mengajukan keluhan polisi terhadap kelompok buruh utama negara itu karena menentang aturan jarak sosial COVID-19 untuk melakukan protes di depan umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.