Sukses

Presiden Ceko Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Pemilu, 2 Hari Dirawat Kondisinya Stabil

Pada hari Senin, juru bicara rumah sakit mengatakan Presiden Milos Zeman dalam kondisi stabil setelah dilarikan usai oposisi menang pemilu.

Liputan6.com, Jakarta Republik Ceko telah terjerumus ke dalam ketidakpastian setelah Presiden Milos Zeman dilarikan ke rumah sakit sehari setelah sekutunya, miliarder populis Perdana Menteri Andrej Babis menderita kekalahan mengejutkan dalam pemilihan umum (pemilu) negara itu. Dengan kata lain oposisi menang.

Mengutip Al Jazeera, Selasa (12/10/2021), presiden berusia 77 tahun, yang memainkan peran penting dalam pencalonan perdana menteri masa depan, dibawa dengan ambulans ke Rumah Sakit Pusat Militer Praha pada Minggu 10 Oktober 2021, tak lama setelah bertemu Babis. Dia menerima perawatan di unit perawatan intensif.

Pada hari Senin, juru bicara rumah sakit mengatakan Zeman dalam kondisi stabil.

Miroslav Zavoral, direktur rumah sakit, mengatakan presiden Ceko itu memiliki masalah hati, menurut media lokal dan menggunakan kursi roda karena neuropati di kakinya. Ia dirawat karena komplikasi yang berkaitan dengan kondisi kronis yang dirahasiakan.

"Kami tahu diagnosisnya dengan tepat, yang memungkinkan kami untuk menargetkan pengobatan," kata Zavoral, menambahkan bahwa dia tidak memiliki persetujuan presiden untuk mengungkapkan rincian diagnosis.

Wewenang Presiden Ceko

Di Republik Ceko, Presiden Zeman memimpin pembicaraan dengan para pemimpin partai setelah pemilihan untuk menemukan mayoritas. Di bawah konstitusi, wewenangnya untuk menunjuk perdana menteri beralih ke ketua majelis rendah jika posisi presiden dikosongkan.

Partai ANO berhaluan tengah Babis kalah tipis dalam pemilihan parlemen yang diadakan pada hari Jumat dan Sabtu dari koalisi sayap kanan-tengah Together.

Bersama-sama dan koalisi liberal Pirates/Mayors di antara mereka memenangkan 108 dari 200 kursi di majelis rendah, dan mengatakan mereka bermaksud untuk membentuk pemerintahan.

Namun, sementara Babis telah mengakui bahwa Partai Together memenangkan lebih banyak suara sebagai koalisi, dia masih berharap untuk mempertahankan kekuasaan, dengan mengatakan, "Jika presiden mengizinkan saya untuk melakukannya, saya akan memimpin pembicaraan tentang pembentukan kabinet."

Presiden Ceko telah memberikan suaranya di kediaman resminya karena masalah kesehatan kurang dari sebulan setelah dia menghabiskan delapan malam di rumah sakit militer.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pukulan Populisme

Di bawah konstitusi, presiden dapat menunjuk siapa saja sebagai perdana menteri dan menginstruksikan mereka untuk mencalonkan kabinet, yang kemudian harus menghadapi mosi percaya di majelis rendah dalam waktu satu bulan setelah pengangkatannya.

Presiden Zeman telah mengatakan sebelum pemilihan bahwa dia akan menunjuk pemimpin partai individu pemenang terbesar, bukan koalisi, untuk mencoba membentuk pemerintahan.

Seharusnya Babis, karena ANO memenangkan suara terbanyak dari partai mana pun.

Zeman, sekutu Babis yang berusia 67 tahun, belum mengomentari langkah selanjutnya sejak hasil pemilu.

Pembentukan pemerintahan biasanya memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan, dan tidak ada penunjukan yang mungkin dilakukan sebelum majelis rendah yang baru bersidang, beberapa waktu dalam waktu satu bulan setelah pemilihan.

Babis saat ini memimpin pemerintahan minoritas dengan Sosial Demokrat, yang sampai saat ini secara diam-diam didukung oleh Partai Komunis yang memerintah bekas Cekoslowakia dari tahun 1948 hingga 1989.

Tetapi Partai Komunis dan Sosial Demokrat gagal memenangkan cukup suara untuk masuk ke parlemen.

Analis melihat hasil pemilu sebagai pukulan terhadap populisme.

:Ini adalah kemenangan tidak hanya untuk Republik Ceko, tetapi untuk seluruh Eropa," kata Jiri Priban dari Sekolah Hukum Cardiff di TV Ceko.

"Ini adalah bukti bahwa bahkan jika populis tidak dapat sepenuhnya dikalahkan, kemajuan mereka dapat dihentikan dan dibalik," tambahnya.

Babis, seorang maestro makanan, bahan kimia, dan media, menghadapi tuntutan polisi atas dugaan penipuan subsidi UE dan kekhawatiran blok tersebut atas konflik kepentingannya sebagai pengusaha dan politikus.

Akhir pekan lalu, penyelidikan Pandora Papers menunjukkan dia telah menggunakan uang dari perusahaan luar negerinya untuk membiayai pembelian properti di Prancis selatan pada 2009, termasuk sebuah puri.

Dia telah membantah melakukan kesalahan dan mengutuk tuduhan itu sebagai kampanye kotor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.