Sukses

Lewat Surat, Taliban Nyatakan Ingin Ikut Sidang PBB di New York

Taliban juga mengatakan utusan pemerintah yang digulingkan tidak lagi mewakili Afghanistan di PBB.

Liputan6.com, New York - Taliban menyampaikan keinginannya untuk berbicara dengan para pemimpin dunia di Sidang Majelis Umum PBB minggu ini di New York City, Amerika Serikat.

Dilansir dari BBC, Rabu (22/9/2021), sebuah komite PBB akan memutuskan permintaan tersebut tetapi tidak mungkin terjadi selama sesi saat ini.

Kelompok itu, yang menguasai Afghanistan bulan lalu, mengatakan utusan pemerintah yang digulingkan itu tidak lagi mewakili negara tersebut.

Menurut juru bicara PBB, permintaan Taliban untuk berpartisipasi dalam debat tingkat tinggi sedang dipertimbangkan oleh komite kredensial -- yang sembilan anggotanya termasuk AS, China dan Rusia. Tetapi mereka tidak mungkin bertemu sebelum akhir sesi Majelis Umum Senin depan. Sampai saat itu, di bawah aturan PBB, Ghulam Isaczai akan tetap menjadi duta besar Afghanistan untuk badan global tersebut.

Ghulam Isaczai juga diperkirakan bakal berpidato pada hari terakhir. Namun Taliban mengatakan misinya "tidak lagi mewakili Afghanistan".

US News melaporkan dari juru bicara PBB Stephane Dujarric, Sekretaris Jenderal Antonio Guterres menerima komunikasi pada 15 September dari Duta Besar Afghanistan yang saat ini terakreditasi, Ghulam Isaczai, dengan daftar delegasi Afghanistan untuk sesi tahunan ke-76 sidang majelis itu.

Lima hari kemudian, Guterres menerima komunikasi lain dengan kop surat “Islamic Emirate of Afghanistan, Ministry of Foreign Affairs,” yang ditandatangani oleh "Ameer Khan Muttaqi" sebagai "Menteri Luar Negeri," yang meminta untuk berpartisipasi dalam pertemuan para pemimpin dunia di PBB.

Muttaqi mengatakan dalam surat itu bahwa mantan presiden Afghanistan Ashraf Ghani "digulingkan" pada 15 Agustus, dan bahwa negara-negara di seluruh dunia "tidak lagi mengakui dia sebagai presiden," dan karena itu Isaczai tidak lagi mewakili Afghanistan, kata Dujarric.

Taliban mengatakan pihaknya mencalonkan perwakilan permanen baru PBB, Mohammad Suhail Shaheen, kata juru bicara PBB. 

Pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan mereka mengetahui permintaan Taliban – Amerika Serikat adalah anggota komite kredensial PBB – tetapi mereka tidak akan memprediksi bagaimana panel itu akan berkuasa. Namun, salah satu pejabat mengatakan komite "akan mengambil beberapa waktu untuk berunding," menunjukkan utusan Taliban tidak akan dapat berbicara di Majelis Umum pada sesi ini setidaknya selama minggu para pemimpin tingkat tinggi.

Kedua surat tersebut telah dikirim ke komite setelah berkonsultasi dengan kantor Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid. 

Pemerintahan Taliban Belum Diakui

Sejauh ini tidak ada pemerintah yang secara resmi mengakui Taliban sebagai pemerintah baru Afghanistan, dan bagi PBB untuk menyetujui calon duta besarnya akan menjadi langkah penting menuju penerimaan internasional.

Taliban juga mengatakan bahwa beberapa negara tidak lagi mengakui mantan Presiden Ashraf Ghani sebagai pemimpin.

Ghani tiba-tiba meninggalkan Afghanistan saat gerilyawan Taliban merangsek ke ibu kota, Kabul, pada 15 Agustus. Sejak itu dia mengungsi ke Uni Emirat Arab.

Di Afghanistan, menteri terakhir dari pemerintahan yang digulingkan, Wahid Majrooh, telah meninggalkan jabatannya sebagai menteri kesehatan masyarakat setelah mendengar posisinya telah diganti.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dulu Tak Mencampuri Perwakilan di PBB

Ketika Taliban terakhir menguasai Afghanistan, antara tahun 1996 dan 2001, duta besar pemerintah yang mereka gulingkan tetap sebagai perwakilan PBB, setelah komite kredensial menunda keputusannya atas klaim yang bersaing untuk posisi tersebut.

Pada pertemuan PBB pada hari Selasa, Qatar mendesak para pemimpin dunia untuk tetap terlibat dengan Taliban.

"Memboikot mereka hanya akan mengarah pada polarisasi dan reaksi, sedangkan dialog bisa bermanfaat," kata penguasa Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Qatar telah menjadi perantara utama di Afghanistan. Ini menjadi tuan rumah pembicaraan antara Taliban dan AS yang berpuncak pada kesepakatan 2020 untuk menarik pasukan NATO yang dipimpin AS.

Negara ini telah membantu warga Afghanistan dan warga negara asing untuk mengevakuasi negara itu sejak pengambilalihan Taliban, dan telah memfasilitasi pembicaraan damai intra-Afghanistan baru-baru ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.