Sukses

Pemimpin Taliban Mulai Cari Bantuan Asing untuk Tangani Pengungsi Afghanistan

Kelompok Taliban mencari bantuan asing untuk menangani pengungsi Afghanistan.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pemimpin Taliban telah mendesak tindakan dan bantuan dari masyarakat internasional, termasuk lembaga donor, untuk membantu pengungsi Afghanistan menjelang musim dingin yang semakin dekat.

Dalam beberapa hari terakhir, kelompok bantuan telah memperingatkan Afghanistan menghadapi "krisis kemanusiaan yang akan datang" jika bantuan dan sumber daya tidak dikirim ke negara itu. Demikian seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Senin (20/9/2021).

Kemiskinan bisa melonjak hingga 97 persen pada pertengahan tahun depan, menurut Program Pangan Dunia PBB, karena kelaparan dan kekeringan memaksa ribuan orang pindah ke kota-kota untuk mencari perlindungan.

Dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera, menteri pengungsi Taliban, Khalil-ur-Rahman Haqqani, mengatakan sementara ribuan orang mengungsi, "sekarang ada perdamaian di Afghanistan dan semua orang bisa kembali ke rumah."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesulitan Tangani Pengungsi

Haqqani menambahkan bahwa orang-orang akan diberikan bantuan untuk kembali dan membantu “membangun kembali rumah mereka” jika telah rusak.

Tetapi interaksi apa pun dengan Haqqani kemungkinan akan rumit karena pemerintah AS telah menetapkannya  sebagai "teroris global". Amerika Serikat telah memberikan hadiah $ 5 juta dan dia juga telah diberi sanksi oleh PBB, dengan tuduhan termasuk berhubungan dengan al-Qaeda.

“Diperkirakan 20.000 orang berada di Kabul dari lembah Panjshir,” kata Haqqani kepada Al Jazeera.

“Prioritasnya adalah Kabul karena merupakan kota terpadat dan menampung jumlah pengungsi tertinggi.”

Kelompok itu mengatakan sanksi seharusnya dihapus menyusul kesepakatan yang ditandatangani oleh AS di Qatar tahun lalu.

Dia mengatakan tahap selanjutnya dari rencana tersebut adalah membuat “kota-kota khusus di setiap provinsi” dari mana orang-orang dipindahkan dan dirancang untuk memiliki “fasilitas serta pekerjaan dalam pembangunan, jasa, konstruksi dan pertanian bagi masyarakat setempat”.

“Alasannya adalah untuk memastikan ada solusi satu jendela bagi mereka yang ingin membantu, memusatkan kebutuhan dari seluruh negeri, mengurangi pemborosan, menghapus korupsi, dan memastikan semua bantuan menjangkau mereka yang paling layak mendapatkannya,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.