Sukses

Abdul Ghani Baradar Pemimpin Taliban Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh Dunia Versi TIME 2021

Liputan6.com, Jakarta - Mullah Abdul Ghani Baradar, salah satu pendiri Taliban, mendapat tempat dalam daftar global 100 Most Influential People of 2021 atau 100 Orang Paling Berpengaruh tahun 2021 versi Majalah TIME.

Kepala kantor politik Taliban di Doha, Mullah Baradar, dipuji karena merundingkan kesepakatan damai Doha antara Taliban dan AS. Dia adalah anggota pendiri Taliban dan merupakan rekan dekat pendiri gerakan itu Mullah Omar.

Dia dikatakan membuat semua keputusan besar, termasuk amnesti yang ditawarkan kepada anggota rezim sebelumnya, kurangnya pertumpahan darah ketika Taliban memasuki Kabul dan kontak serta kunjungan rezim dengan negara-negara tetangga, terutama China dan Pakistan.

Abdul Ghani Baradar ditunjuk sebagai wakil Mullah Akhund, kepala pemerintahan sementara baru Taliban, awal bulan ini. Peran utama yang diberikan kepada pemimpin lain yang lebih dapat diterima oleh generasi komandan Taliban yang lebih muda dan garis keras.

Sebuah profil karya jurnalis Pakistan Ahmed Rashid tentang Mullah Baradar di Majalah TIME yang dikutip Kamis (16/9/2021), menggambarkan dia sebagai "titik tumpu untuk masa depan" Afghanistan.

Ahmed Rashid melanjutkan dengan menulis, "Seorang pria pendiam dan tertutup yang jarang memberikan pernyataan atau wawancara publik, Baradar tetap mewakili arus yang lebih moderat di dalam Taliban, yang akan menjadi pusat perhatian untuk memenangkan dukungan Barat dan sangat membutuhkan bantuan keuangan.

"Pertanyaannya adalah apakah orang yang membujuk Amerika keluar dari Afghanistan dapat mempengaruhi gerakannya sendiri."

Mullah Abdul Ghani Baradar begitu dihormati di kalangan Taliban, sebagai anggota pendiri gerakan itu pada tahun 1994. Ia dikenal sebagai seorang pemimpin militer karismatik dan sosok yang disebutkan sangat saleh. 

Rumor Kematiannya

Mengutip India Today, Baradar memadamkan rumor kematian yang mengejutkan sebagian besar orang.

Mullah Abdul Ghani Baradar baru-baru ini muncul di televisi pemerintah Afghanistan untuk meredam desas-desus tentang kematiannya.

Beberapa laporan yang belum dikonfirmasi selama beberapa hari terakhir mengisyaratkan baku tembak antara faksi-faksi Taliban yang bersaing di istana presiden di Kabul. Ada klaim bahwa Baradar menderita luka parah dalam baku tembak tersebut.

Menyalahkan 'propaganda palsu' di balik desas-desus kematiannya, pemimpin Taliban itu dapat didengar mengatakan kepada televisi pemerintah Afghanistan: "Ada berita di media tentang kematian saya. Selama beberapa malam terakhir, saya telah bepergian. Di mana pun saya berada. saat ini, kita semua baik-baik saja, semua saudara dan temanku."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Daftar Lengkap Pemimpin Dunia yang Masuk Daftar 100 Most Influential People of 2021 Versi TIME

Berikut ini daftar selengkapnya 20 pemimpin dunia yang bersanding dengan pemimpin Taliban di Afghanistan dalam daftar 100 Most Influential People of 2021 atau 100 Orang Paling Berpengaruh tahun 2021 versi Majalah TIME:

  1. Ngozi Okonjo-Iweala
  2. Joe Biden
  3. Xi Jinping
  4. Liz Cheney
  5. Kamala Harris
  6. Mario Draghi
  7. Tucker Carlson
  8. Naftali Bennett
  9. Stacey Abrams
  10. Nayib Bukele
  11. Donald Trump
  12. Narendra Modi
  13. Mahbouba Seraj
  14. Joe Manchin
  15. Ebrahim Raisi
  16. Rochelle Walensky
  17. Mamata Banerjee
  18. Ron Klain
  19. Elisa Loncon Antileo
  20. Abdul Ghani Baradar
3 dari 3 halaman

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan