Sukses

Hendak Liput Aksi Protes, Jurnalis Afghanistan Ditahan hingga Dicambuk Oleh Taliban

Jurnalis di Afghanistan mengalami penganiayaan oleh Taliban.

Liputan6.com, Kabul - Wartawan di Afghanistan mengatakan bahwa mereka telah dipukuli, ditahan dan dicambuk oleh Taliban ketika mencoba untuk meliput aksi protes.

Melansir BBC, Jumat (10/9/2021), foto yang beredar online menunjukkan dua wartawan dari surat kabar Etilaatroz dengan bekas luka dan memar setelah penangkapan mereka di ibukota Kabul.

Salah satu dari mereka, Taqi Daryabi, mengatakan kepada BBC bahwa dia telah dibawa ke kantor polisi distrik di mana dia ditendang dan dipukuli.

Daryabi, bersama fotografer Etilaatroz Nematullah Naqdi, telah meliput protes perempuan di Kabul pada Rabu (8/9) kemarin. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alami Penganiayaan

Kedua wartawan kemudian mengatakan bahwa mereka dibawa ke kantor polisi, di mana mereka mengatakan dipukuli dengan tongkat, kabel listrik dan cambuk.

Beberapa jam kemudian, mereka dibebaskan oleh Taliban, tanpa penjelasan. 

"Mereka membawa saya ke ruangan lain dan memborgol tangan saya di belakang saya," katanya.

"Saya memutuskan untuk tidak membela diri karena saya pikir mereka hanya akan memukuli saya lebih buruk lagi, jadi saya berbaring di lantai dalam posisi untuk melindungi bagian depan tubuh saya."

"Delapan dari mereka datang dan mereka mulai memukuli saya. Menggunakan tongkat polisi, karet - apa pun yang mereka miliki di tangan mereka. Bekas luka di wajah saya berasal dari sepatu tempat mereka menendang wajah saya."

"Saya tidak sadar setelah itu jadi mereka berhenti. Mereka membawa saya ke gedung lain di mana ada sel dan meninggalkan saya."

Daryabi mengatakan dia jatuh pingsan setelah aksi pemukulan, dan setelah sekitar dua jam dia dibebaskan.

"Saya hampir tidak bisa berjalan tetapi mereka menyuruh kami berjalan cepat. Saya sangat kesakitan."

3 dari 3 halaman

Wartawan Dianiaya Taliban

Nematullah Naqdi mengatakan bahwa pihak Taliban telah mencoba untuk mengambil kameranya segera setelah dia mulai mengambil foto protes. 

"Salah satu Taliban meletakkan kakinya di kepala saya, membenturkan wajah saya ke beton. Mereka menendang kepala saya. Saya pikir mereka akan membunuh saya," kata Naqdi kepada kantor berita AFP.

Dia bertanya mengapa dia dipukuli, hanya untuk diberitahu: "Kamu beruntung kamu tidak dipenggal."

Kantor berita Afghanistan Tolo melaporkan bahwa juru kameranya telah ditangkap dan ditahan oleh Taliban selama hampir tiga jam.

CPJ, sebuah organisasi non-pemerintah internasional, mengatakan setidaknya 14 wartawan telah ditahan dan kemudian dibebaskan selama dua hari terakhir.

"Taliban dengan cepat membuktikan bahwa janji sebelumnya untuk mengizinkan media independen Afghanistan untuk terus beroperasi secara bebas dan aman tidak ada artinya," kata Steven Butler, koordinator program Asia CPJ.

"Kami mendesak Taliban untuk memenuhi janji-janji sebelumnya, untuk berhenti memukuli dan menahan wartawan yang melakukan pekerjaan mereka, dan membiarkan media bekerja dengan bebas tanpa takut akan pembalasan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.