Sukses

Sakit Tua, Salah Satu Penguin Tertua Dunia dari Kebun Binatang Oregon Disuntik Mati

Salah satu penguin tertua di dunia, Mochica mati di usia 31 tahun di Kebun Binatang Oregon.

Liputan6.com, Salem - Dunia kehilangan salah satu penguin tertua pada akhir pekan di Kebun Binatang Oregon, AS. Mochica, yang dikenal sebagai Mo mati di usia 31 tahun.

Melansir dari laman CNN, Kamis (9/9/2021), Mo adalah penguin Humboldt jantan tertua di Amerika dan menjalani sepanjang hidupnya di kebun binatang di Portland sampai ia di suntik mati pada hari Sabtu akibat penyakit usia tua.

"Ia menderita katarak dewasa di satu mata, (dan) mata tua di sisi lain, radang sendi bilateral di pinggulnya,” ujar Travis Koons, orang yang mengawasi populasi burung di kebun binatang tersebut.

"Ia hanya seekor burung yang sangat tua. Sulit baginya untuk melihat, dan terkadang sulit baginya untuk berjalan.”

Menetas pada 6 Juli 1990, Mo menikmati waktu yang ia habiskan bersama orang-orang di kebun binatang dan lebih sering bersama penjaga daripada teman-teman burungnya.

"Cukup umum untuk berjalan ke area dapur penjaga dan menemukan Mo sedang membantu menyiapkan makanan atau hanya bercengkrama dengan starf perawat di sana," ujar Koons.

Mo adalah penguin pejantan tertua dari spesiesnya di kebun binatang atau akuarium di Amerika utara, dan mungkin seluruh dunia, kata Koons. Spesies Mo, yakni Humboldt liar, jarang hidup melewati usia 20 tahun.

"Ini adalah hari yang luar biasa menyedihkan bagi tim perawatnya dan bagi semua orang yang menghabiskan waktu dengan burang-burung yang menakjubkan ini," ujar Koons. "Kita semua pernah mengalami saat-saat dalam hidup kita di mana hewan telah meninggalkan bekas yang tak terhapuskan di hati kita. Mochica telah melakukan itu pada ribuan orang. Ia menginspirasi generasi-generasi."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesien Penguin yang Rentan

Penguin Humboldt adalah binatang asli Amerika Selatan dan dilindungi oleh U.S. Endangered Species Act. Penangkapan mangsa yang berlebihan serta terjerat jaring ikan dapat mengancam populasi mereka.

Menurut kebun binatang, spesies Humboldt adalah penguin yang paling rentan, dengan estimasi populasi mencapai 12.000 pasangan kawin.

"Penguin Humboldt hidup di wilayah yang sangat dipengaruhi oleh aktivitas manusia," ujar Koons. "Mereka butuh habitat laut yang sehat untuk berkembang, dan kami dapat membantu membuat perbedaan - bahkan dengan cara yang sederhana seperti mengunduh aplikasi Seafood Watch dan memilih makanan laut yang berkelanjutan.”

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.