Sukses

5 WN Filipina dan 2 WN Afghanistan Ikut Misi Evakuasi WNI dari Bandara Kabul

Misi evakuasi WNI dari Afghanistan yang tengah dikuasai Taliban berjalan lancar. Pesawat TNI AU yang membawa mereka telah tiba di Indonesia melalui Bandara Halim Perdanakusuma.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 26 warga negara indonesia (WNI) sudah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma dalam misi evakuasi dari Afghanistan yang tengah dikuasai Taliban. Dalam proses tersebut, sejumlah warga negara asing juga turut serta.

"Alhamdulillah pesawat TNI Angkatan Udara sudah kembali di Bandara Halim Perdanakusuma pada pagi hari ini 21 agustus 2021. Seluruh warga negara Indonesia berjumlah 26 orang yang kita evakuasi semua dalam kondisi baik," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual dari Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu (21/8/2021). 

"1 catatan, 1 diplomat dalam kondisi kurang sehat non-COVID dan akan segera dilakukan perawatan," imbuhnya.

Selain itu, dalam proses evakuasi WNI ini, sambungnya, ikut juga 5 warga negara Filipina yang memang pemerintahnya meminta bantuan untuk ikut diangkut dalam misi evakuasi Indonesia.

"Bantuan membawa warga negara asing dalam misi evakuasi bukan pertama dilakukan, ini merupakan kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan," jelas mantan Dubes Belanda untuk Indonesia tersebut.

Tak hanya warga negara Filipina, dalam misi evakuasi WNI dari Afghanistan itu juga terdapat 2 warga negara Aghanistan.

"1 orang suami salah satu WNI dan 1 lagi lokal staf perempuan yang berkerja di KBRI," tuturnya.

Setelah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, seluruh orang yang terlibat dalam evakuasi WNI dari Afghanistan bakal menjalani prosedur kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Semua evacuee dan seluruh tim evakuasi akan langsung menjalani protokol kesehatan sesuai aturan ketibaan dari luar negeri," jelas Menlu Retno.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucap Syukur dan Terima Kasih

Proses evakuasi WNI dari Afghanistan yang kini dalam cengkeraman Taliban berjalan lancar. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyambut kedatangan mereka di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Dengan mengucap rasa syukur yang luar biasa. Alhamdulillah pada dini hari ini WNI dari Afghanistan telah berhasil  kita evakuasi dan baru saja tiba dengan selamat di Jakarta," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers virtual dari Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu (21/8/2021).

Pada kesempatan itu, Menlu Retno juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang diberikan oleh pemerintah dan otoritas India, Sri Lanka, Pakistan, Amerika Serikat, NATO, Turki, Norwegia dan Belanda.

"Terima kasih banyak kepada panglima TNI dan jajarannya, KABIN dan jajarannya, dan tentunya kepada seluruh tim evakuasi yang terdiri dari unsur Kemlu, TNI dan BIN. You did it guys!," ucapnya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.