Sukses

Korban Tewas Banjir Turki Meningkat Jadi 70

Setidaknya ada 70 orang meninggal di dekat pantai Laut Hitam akibat banjir Turki.

Liputan6.com, Kastamonu - Operasi pencarian dan penyelamatan besar-besaran sedang berlangsung di Turki Utara setelah banjir bandang di sepanjang Pantai Laut Hitam menewaskan 70 orang.

Provinsi Kastamonu adalah daerah yang paling parah terkena dampaknya. Bangunan apartemen di Kota Bozkurt juga hancur ketika Sungai Ezine meluap, seperti dilansir dari BBC, Jumat (20/08/2021).

Bulan ini Turki juga harus memerangi kebakaran hutan besar di selatan. Delapan orang tewas ketika sebuah pesawat pemadam kebakaran jatuh di Adana pada hari Sabtu, tepat sebelum mendarat.

Menurut laporan kantor berita Interfax, lima prajurit Rusia dan tiga warga Turki berada di dalam pesawat.

Kebakaran itu memaksa ribuan penduduk lokal dan turis mengungsi dari Marmaris dan daerah sekitarnya. Delapan orang meninggal dan lebih dari 100.000 hektar (247.000 ekar) vegetasi hancur.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banjir Picu Kerusakan Parah

Banjir, yang dipicu oleh hujan deras, menyebabkan kerusakan dimana-mana. Beberapa bangunan runtuh, jembatan hancur, jalan-jalan tersumbat dengan mobil yang rusak, dan listrik terputus.

Pada hari Minggu, pihak berwenang Turki mengatakan 70 orang telah tewas di tiga provinsi di sepanjang Laut Hitam, termasuk 60 di Kastamonu serta puluhan orang masih hilang.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Kastamonu pada hari Jumat dan menghadiri pemakaman beberapa korban banjir.

"Kami tidak dapat mengembalikan warga yang hilang, tetapi negara kami memiliki sarana dan kekuatan untuk memberi kompensasi kepada mereka yang kehilangan orang yang dicintai," kata Erdogan setelah memimpin doa.

3 dari 3 halaman

Pemanasan Global Berpengaruh Terhadap Banjir di Eropa

Sementara itu, dinilai penangan bencana alam Turki yang kurang maksimal, Presiden Erdogan dikritik oleh sejumlah kalangan. Seperti misalnya, di daerah banjir, helikopter mengambil beberapa orang dari atap sementara yang lain diselamatkan dengan perahu.

Kini, lebih dari 1.700 orang telah dievakuasi, dan sebanyak 330 desa tanpa listrik.

Bencana terbaru Turki terjadi pada Minggu ketika sebelumnya PBB memperingatkan peristiwa cuaca yang lebih ekstrem karena pemanasan global yang disebabkan oleh manusia. 

Banjir bandang dan gelombang panas yang parah melanda sebagian besar Eropa musim panas ini. Daerah pegunungan di sepanjang pantai Laut Hitam Turki rentan terhadap banjir di musim panas.

Namun Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan pada kunjungan ke daerah itu pada hari Kamis "ini adalah bencana banjir terburuk yang pernah saya lihat".

Di negara tetangga Yunani, pihak berwenang mengatakan kebakaran hutan yang meluas sekarang lebih dapat dikendalikan karena curah hujan yang sangat dibutuhkan datang.

 

Reporter: Cindy Damara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini