Sukses

Taliban Merajalela di Afghanistan, Bunuh Pejabat Pemerintah dan Serang Kabul

Taliban telah mengklaim ibu kota provinsi pertama mereka menyusul penarikan pasukan asing di Afghanistan.

Liputan6.com, Kabul - Taliban telah mengklaim ibu kota provinsi pertama mereka menyusul penarikan pasukan asing di Afghanistan.

Zaranj, ibu kota provinsi Nimruz Afghanistan, dikuasai oleh pasukan Taliban pada hari Jumat 6 Agustus 2021, The Washington Post melaporkan, hanya beberapa hari setelah kelompok pemberontak membuat terobosan di dua kota besar - Kandahar dan Herat - untuk pertama kalinya dalam hampir 20 tahun.

Wakil gubernur Nimruz, Rohullah Gul Khairzad, tidak memberikan banyak detail tetapi menegaskan bahwa Zaranj "telah jatuh" ke tangan Taliban, lapor The Post seperti dikutip dari the Hill, Sabtu (7/8/2021).

Berita ini mengikuti pembaruan mengejutkan lainnya bahwa kelompok pemberontak membunuh kepala departemen media pemerintah Afghanistan pada hari Jumat.

Juru bicara kelompok pemberontak, Zabihullah Mujahid, mengkonfirmasi di Twitter bahwa Dawa Khan Menapal, direktur Pusat Media dan Informasi Pemerintah Afghanistan (GMIC), "terbunuh dalam serangan khusus" oleh Mujahidin "dan dihukum karena tindakannya."

Berbagai laporan menyebut bahwa Afghanistan bisa jatuh dengan cepat ke Taliban begitu semua pasukan AS meninggalkan negara itu. Pasukan AS telah berada di Afghanistan sejak invasi setelah serangan 11 September 2001, menjadikannya perang terpanjang Amerika.

Presiden Biden, dalam memutuskan untuk menghapus pasukan, mengambil risiko politik jika dia disalahkan atas negara yang jatuh ke Taliban.

Pada saat yang sama, Biden telah membela keputusannya dengan berpendapat bahwa pasukan AS dan keluarga mereka tidak boleh diminta untuk tinggal di Afghanistan selamanya.

Ketika pasukan AS dan NATO selesai menarik anggota layanan mereka yang terakhir dari Afghanistan, Taliban terus membuat pijakan yang mengkhawatirkan di kota-kota besar - alih-alih daerah pedesaan dan kota-kota kecil yang pernah diperjuangkan - karena pejabat pemerintah terus menjadi target.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyerang Kabul

Pekan lalu, Taliban melancarkan serangan yang ditujukan kepada penjabat menteri pertahanan negara itu di Kabul, Associated Press melaporkan. Meskipun penjabat menteri pertahanan tidak terluka dalam serangan itu, pemboman itu melukai 20 orang dan menewaskan delapan orang.

Menurut sebuah pernyataan juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price, Menteri Luar Negeri Antony Blinken berbicara dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melalui telepon pada hari Selasa meminta pemerintah untuk mempercepat pembicaraan damai dengan Taliban.

Price mengatakan bahwa Blinken "menekankan perlunya mempercepat negosiasi perdamaian dan mencapai penyelesaian politik yang inklusif, menghormati hak-hak semua orang Afghanistan, termasuk perempuan dan minoritas, memungkinkan rakyat Afghanistan untuk memiliki kata dalam memilih pemimpin mereka, dan mencegah tanah Afghanistan digunakan untuk mengancam Amerika Serikat dan sekutu dan mitranya."

"Kedua pemimpin mengutuk serangan Taliban yang sedang berlangsung, yang menunjukkan sedikit rasa hormat terhadap kehidupan manusia dan hak asasi manusia, dan menyesalkan hilangnya nyawa Afghanistan yang tidak bersalah dan perpindahan populasi sipil," tambah Price.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.