Sukses

Sejumlah Pulau di Jepang Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pulau di Jepang barat daya secara resmi ditambahkan ke dalam daftar situs alam Warisan Dunia UNESCO.

Pendaftaran pulau-pulau itu dilakukan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO).

Dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (27/7/2021), Komisi Warisan Dunia badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu, dalam pertemuan online memutuskan menambahkan Pulau Amami-Oshima dan Pulau Tokunoshima di Prefektur Kagoshima, bagian utara Pulau Okinawa dan Pulau Iriomote di Prefektur Okinawa ke dalam daftar tersebut.

Keputusan itu mengikuti rekomendasi panel penasehat UNESCO pada Mei lalu.

Diketahui, situs seluas 43 ribu hektar di keempat pulau itu adalah kawasan hutan subtropis yang lebat.

Pulau-pulau itu adalah rumah bagi beragam ekosistem dengan persentase tinggi spesies yang terancam punah atau langka secara global, termasuk kucing Iriomote, dan Okinawa rail, sejenis burung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pulau dengan Habitat Alami yang Baik Bagi Spesies Langka Fauna-Flora

Menteri Lingkungan Jepang Koizumi Shinjiro menyampaikan dalam pesan video yang ditayangkan dalam pertemuan itu, bahwa pulau-pulau ini memiliki habitat alami yang sangat baik bagi spesies langka fauna dan flora yang luar biasa dan liar.

Gugusan pulau itu menjadi situs alam Warisan Dunia kelima di Jepang.

Selain itu, adapun 17 situs arkeologi Era Jomon yang juga akan ditambahkan ke daftar Warisan Budaya Dunia dalam pertemuan itu, yang akan berlangsung hingga Sabtu.

Jumlah total situs Warisan Dunia di Jepang akan naik menjadi 25.

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga COVID-19