Sukses

SpaceX Bakal Luncurkan Program Misi NASA ke Jupiter

SpaceX, perusahaan miliki Elon Musk akan meluncurkan program misi NASA ke Jupiter.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pribadi milik Elon Musk, SpaceX, dianugerahi kontrak layanan peluncuran senilai US$178 juta untuk misi pertama NASA yang berfokus pada bulan es Jupiter, Europa, dan apakah itu dapat menampung kondisi yang cocok untuk kehidupan, kata badan antariksa itu pada Jumat (23/7).

Misi Europa Clipper akan diluncurkan pada Oktober 2024 dengan roket Falcon Heavy milik perusahaan Musk, Space Exploration Technologies, dari Kennedy Space Center NASA di Florida, kata NASA dalam sebuah pernyataan yang diposting online.

Mengutip Channel News Asia, Sabtu (24/7/2021), kontrak tersebut menandai mosi percaya terbaru NASA di Hawthorne, perusahaan yang berbasis di California, yang telah membawa beberapa muatan kargo dan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk NASA dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan April, SpaceX dianugerahi kontrak senilai US$2,9 miliar untuk membangun pesawat ruang angkasa pendarat bulan untuk program Artemis yang direncanakan yang akan membawa astronot NASA kembali ke bulan untuk pertama kalinya sejak 1972.

Namun kontrak itu ditangguhkan setelah dua perusahaan antariksa saingannya, Blue Origin milik Jeff Bezos dan kontraktor pertahanan Dynetics, memprotes pemilihan SpaceX.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluncuran Europa Clipper

Falcon Heavy 23 lantai yang sebagian dapat digunakan kembali milik perusahaan, yang saat ini merupakan kendaraan peluncuran luar angkasa operasional paling kuat di dunia, menerbangkan muatan komersial pertamanya ke orbit pada 2019.

NASA tidak mengatakan apa yang mungkin ditawarkan perusahaan lain pada kontrak peluncuran Europa Clipper.

Penyelidikan ini akan melakukan survei terperinci terhadap satelit Jovian yang tertutup es, yang sedikit lebih kecil dari bulan Bumi dan merupakan kandidat utama dalam pencarian kehidupan di tempat lain di tata surya.

Sebuah tikungan di medan magnet Europa yang diamati oleh pesawat ruang angkasa Galileo NASA pada tahun 1997 tampaknya disebabkan oleh geyser yang memancar melalui kerak beku bulan dari lautan bawah permukaan yang luas, para peneliti menyimpulkan pada tahun 2018. Temuan tersebut mendukung bukti lain dari gumpalan Europa.

Di antara tujuan misi Clipper adalah untuk menghasilkan gambar resolusi tinggi dari permukaan Europa, menentukan komposisinya, mencari tanda-tanda aktivitas geologis, mengukur ketebalan cangkang esnya dan menentukan kedalaman dan salinitas lautannya, kata NASA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.