Sukses

Uni Eropa Umumkan Proposal Guna Mengatasi Perubahan Iklim

Pada Rabu 14 Juli 2021, Uni Eropa telah mengumumkan sejumlah proposal terkait perubahan iklim.

Liputan6.com, Brussel - Uni Eropa telah mengumumkan sejumlah proposal perubahan iklim yang bertujuan untuk mendorongnya mencapai tujuannya menjadi netral karbon pada 2050.

Dikutip dari BBC, Jumat (16/7/2021), selusin rancangan proposal, yang masih perlu disetujui oleh 27 negara anggota blok tersebut serta paerlemen UE, diumumkan pada hari Rabu 14 Juli 2021.

Mereka termasuk rencana untuk mengenakan pajak bahan bakar jet dan secara efektif melarang penjualan mobil bertenaga bensin dan diesel dalam waktu 20 tahun. Proposal ini, bagaimanapun, bisa menghadapi negosiasi selama bertahun-tahun.

Menurut sebuah suember, rencana tersebut memicu pertikaian serius di Komisi Eropa, cabang administratif blok itu, saat penyesuaian terakhir sedang dilakukan.

"Dengan bertindak sekarang kita dapat melakukan hal-hal dengan cara lain dan memilih cara yang lebih baik, lebih sehat, dan lebih sejahtera untuk masa depan," kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

"Ini adalah tugas generasi kita," katanya. "...Untuk mengamangkan kesejahteraan tidak hanya generasi kita, tetapi juga anak dan cucu kita."

"Eropa siap untuk memimpin."

Langkah-langkah tersebut kemungkinan akan mendorong tagihan rumah tangga, serta meningkatkan biaya penerbangan di UE. Bantuan keuangan akan tersedia bagi orang-orang untuk memasang insulasi dan membuat perubahan jangka panjang lainnya di rumah mereka.

"Kami akan banyak bertanya kepada warga kami," kata kepala kebijakan iklim Uni Eropa, Frans Timmermans.

"Kami juga akan meminta banyak industri kami, tetapi kami melakukannya untuk tujuan yang baik."

"Kami melakukannya untuk memberi kesempatan kepada umat manusia untuk berjuang."

Oposisi juga diharapkan dari beberapa pemimpin industri, seperti maskapai penerbangan dan produsen kendaraan, serta dari negara-negara anggota timur yang sangat bergantung pada batu bara.

Seorang diplomat UE mengatakan kepada Reuters bahwa keberhasilan paket itu akan bertumpu pada kemampuannya untuk bersikap realistis dan adil secara sosial, sementara juga tidak mengganggu stablitias ekonomi.

"Tujuannya adalah untuk menempatkan ekonomi pada tingkat yang baru, bukan untuk menghentikannya," kata mereka.

Langkah-langkah tersebut yang disebut sebagai rencana paling ambisius UE untuk mengatasi perubahan iklim, dinamai paket Fit for 55 karena mereka akan menempatkan blok tersebut pada jalurnya untuk memenuhi tujuan 2030 untuk mengurangi sebesar 55% dari tingkat 1990.

Pada 2019, UE telah mengurangi emisinya sebesar 24% dari tingkat 1990.

Beberapa proposal utama meliputi batas emisi yang lebih ketat untuk mobil, yang diharapkan secara efektif mengakhiri penjualan kendaraan bensin dan diesel baru pada 2035.

Pajak atas bahan bakar penerbangan, dan liburan pajak sepuluh tahun untuk alternatif rendah karbon. Apa yang disebut tarif perbatasan karbon, yang akan mengharuskan produsen dari luar UE membayat lebih untuk mengimpor bahan seperti baja dan beton.

Target yang lebih ambisius untuk memperluas energi terbarukan di seluruh blok. Persyaratan bagi negara untuk lebih cepat merenovasi bangunan yang dianggap tidak hemat energi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Dinilai Tidak Cukup

Tetapi, lobi perusahaan Business Europe mengecam rencana tersebut, dengan mengatakan itu "berisiko mengacaukan prospek investasi" untuk sektor-sektor seperti baja, semen, aluminum, pupuk, dan tenaga listrik yang "sangat besar".

"Penerbangan berkomitmen untuk dekarbonisasi sebagai inudstri global," kata Willie Walsh, kepala Asosiasi Transportasi Udara Internasional. "Kami tidak perlu membujuk, atu tindakan hukuman seperti pajak untuk memotivasi perubahan."

Pada saat yang saja, juru kampanye lingkungan mengatakan proposal itu masih dianggap kurang

"Merayakan kebijakan ini seperti lompat tinggi yang mengklain medali karena berlari di bawah mistar," kata direktur Greenpeace UE, Jorgo Riss, dalam sebuah pernyataan.

"Seluruh paket ini didasarkan pada target yang terlalu rendah, tidak sesuai dengan sains, dan tidak akan menghentikan penghancurans istem pendukung kehidupan planet kita.

Juru kampanye iklim Greta Thunberg mengatakan bahwa kecuali UE "merobek" proposalnya, "dunia tidak akan memiliki peluang untuk tetap berada di bawah 1,5 Celcius dari pemanasan global."

Pada bulan September, Komisi UE menetapkan rencana untuk mencapai pengurangan 55% pada 2030, dan mengatakan setidaknya 30% dari anggaran jangka panjang UE yang berjumlah lebih dari 28 kuadriliun rupiah akan dihabiskan untuk langkah-langkah terkait iklim.

Target tersebut merupakan bagian dari upaya global untuk mengatasi perubahan iklim dengan mengurangi polusi atmosfer, terutama emisi karbon dioksida.

Kesepakatan iklim Paris, yang ditandatangani pada 2016 bertujuan untuk menjaga kenaikan suhu global di bawah dua celcius dan sebaiknya dalam kenaikan maksimum 1,5 celcius untuk mencegah dampak terburuk dari perubahan iklim

 

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Bepergian?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini