Sukses

Menlu Singapura Vivian Balakrishnan Serahkan Bantuan Alkes untuk Indonesia Tangani COVID-19

Bantuan tersebut berupa tabung oksigen, oksigen konsentrator, ventilator dan APD dari Pemerintah Singapura.

Liputan6.com, Singapura - Singapura membantu pemerintah Indonesia dalam penanganan COVID-19. Pada Jumat (9/7/2021), Menlu Singapura Vivian Balakrishnan menyerahkan peralatan medis COVID-19 kepada Duta Besar Indonesia, Suryo Pratomo.

"Sebagai tetangga dan mitra dekat, kami berdiri dalam solidaritas dengan Indonesia dalam perang melawan COVID-19," ujar Vivian Balakrishnan di Paya Lebar Air Base Singapura.

"Pagi ini, saya dengan senang hati menyerahkan perbekalan dan peralatan medis COVID-19 kepada Dubes RI Suryo Pratomo di Lanud Paya Lebar, bersama rekan-rekan dari Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF)."

Menurut Vivian, bantuan tersebut berupa tabung oksigen, oksigen konsentrator, ventilator dan APD dari Pemerintah Singapura.

"Saya dan Menlu Retno Marsudi berbicara awal pekan ini tentang peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia. Saya tegaskan dukungan Singapura untuk upaya Indonesia mengatasi pandemi," jelas Vivian.

"Semoga bantuan ini dapat menambah semangat mereka yang berada di garda terdepan di Indonesia."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Alat Kesehatan dari Australia

Bukan hanya Singapura, pemerintah Australia sebelumnya juga menyampaikan dukungannya kepada Indonesia, dalam menanggapi lonjakan signifikan dalam kasus COVID-19.

"Australia mendukung mitra dekat dan tetangga kita, Indonesia, dalam menanggapi lonjakan signifikan dalam kasus COVID-19,"' kata Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne dalam pernyataan yang dirilis dalam laman foreignminister.gov.au.

"Hari ini saya berbicara dengan teman dan mitra saya, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, dan mengkonfirmasi dukungan kesehatan segera ke Indonesia, dalam tanggapannya," ungkap Payne.

Dukungan ini, dilakukan melalui bantuan dana US$12 juta untuk peralatan medis seperti oksigen dan lainnya, termasuk 1.000 ventilator, hingga 700 konsentrator oksigen, serta lebih dari 170 tabung oksigen dan berbagai peralatan, suplai medis lainnya.

Australia juga memberikan bantuan 40,000 alat tes rapid-antigen kepada Indonesia.

Tak hanya itu, Australia pun menyumbangkan 2.5 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca pada 2021.

Payne juga mengatakan, bahwa dukungan Australia akan memperluas kapasitas tes cepat, mempertahankan layanan kesehatan yang ada, dan membantu fasilitas medis darurat saat Indonesia merespons jumlah kasus yang terus meningkat.

"Selain pengumuman Perdana Menteri Morrison pada KTT G7 untuk menyediakan setidaknya 20 juta vaksin COVID-19 untuk kawasan Indo-Pasifik pada pertengahan 2022, 2,5 juta dosis vaksin ini akan dibagikan kepada Indonesia untuk mendukung peluncuran vaksin nasionalnya," tutur Payne.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.