Sukses

Diyakini Mampu Perkuat Imun, Inggris dan Australia Siap Vaksinasi COVID-19 Dosis Ketiga

Dosis ketiga COVID-19 dinilai bisa memperkuat imun.

London - Inggris telah menyiapkan rencana vaksinasi dosis ketiga untuk mengatasi COVID-19. Australia mengisyaratkan akan melakukan hal serupa.

Suntikan ketiga vaksin COVID-19 bagi warga Inggris akan diluncurkan untuk populasi lanjut usia mulai September mendatang, demikian laporan ABC Australia, Senin (5/7/2021).

Meski program vaksinasinya sangat lamban bila dibandingkan dengan Inggris, Australia juga kini mengisyaratkan akan memberikan suntikan ketiga untuk menjaga resistensi berkelanjutan terhadap varian baru virus corona.

Mengapa suntikan ketiga diperlukan?Menurut Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid, pihaknya sedang merencanakan suntikan tambahan untuk memastikan warga yang rentan akan terlindungi selama musim dingin mendatang.

"Program vaksinasi COVID-19 pertama telah memulihkan kebebasan di negara kami. Program 'booster' akan melindungi kebebasan ini," kata Sajid.

Pedoman vaksinasi saat ini menyarankan dua kali suntikan, dengan mendahulukan kelompok warga yang paling rentan.

Rencana pemberian vaksin ketiga mencerminkan langkah Pemerintah Inggris untuk hidup bersama dengan virus corona, sama seperti flu dan penyakit pernapasan lainnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antibodi Bisa Berkurang

Profesor Miles Davenport dari Kirby Institute di University of New South Wales (UNSW) di Australia menjelaskan respons antibodi yang disebabkan oleh vaksin dan infeksi COVID-19 berkurang seiring waktu.

"Setelah terinfeksi, tampaknya ada penurunan respons imun selama sekitar satu tahun pertama," kata Profesor Davenport."Diperkirakan penurunan itu akan melambat seiring waktu, tapi hal itu normal," jelasnya. 

Pemerintah Inggris belum menyebutkan vaksin mana yang harus digunakan untuk 'booster' atau suntikan tambahan.

Panduan tidak akan dikeluarkan sampai tersedia lebih banyak data tentang efek jangka panjang dari program vaksinasi saat ini. 

Ahli epidemiologi UNSW, Profesor Mary-Louise McLaws di Australia, mengatakan peluncuran vaksinasi ketiga akan mendapatkan pengawasan ketat di seluruh dunia.

"Masih terlalu dini untuk menyarankan perlunya memulai suntikan ketiga saat ini," katanya.

"Kami akan belajar banyak karena mereka akan mendokumentasikannya, termasuk antibodi dan respons sel T yang muncul," ujarnya

Profesor Mary-Louise mengatakan negara-negara barat akan menghadapi tantangan antara memprioritaskan pemberian suntikan ketiga kepada warganya atau mendahulukan membantu vaksinasi global.

"Haruskah kita tidak perduli orang lain dan mengharapkan sistem kekebalan tubuh kita tetap prima dan meningkat?" katanya.

Saat ini 85 persen penduduk Inggris Raya berusia di atas 18 tahun telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin COVID. Sebanyak 62,4 persen orang dewasa di Inggris telah divaksinasi dua dosis.

3 dari 4 halaman

Kebut Vaksinasi

Sementara di Australia, baru 8,7 persen warga berusia di atas 16 tahun divaksinasi dua dosis dan 30,4 persen menerima setidaknya satu kali suntikan.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengatakan program tambahan suntikan ketiga sedang dalam pengembangan.

"Kami akan mempersiapkannya sekarang, seperti yang sudah ada, program tambahan suntikan vaksin," katanya.

Profesor Davenport mengatakan kemungkinan akan ada beberapa bentuk vaksinasi berkelanjutan untuk COVID-19 di Australia dan vaksin dapat diperbarui untuk mengatasi varian baru.

"Kita sangat mungkin membutuhkan vaksinasi berkelanjutan, baik karena tingkat antibodi yang berkurang maupun karena variasi virus yang muncul," jelasnya.

"Kemungkinan besar, seperti flu, kita akan mendapatkan vaksin yang berbeda tahun depan," ujar Profesor Davenport.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.