Sukses

Kasus COVID-19 di Sydney Naik, Empat Kota Jalani Lockdown

Liputan6.com, Sydney - New South Wales (NSW) Australia, negara bagian yang paling parah dilanda wabah Virus Corona terbaru di negara itu, melaporkan 22 kasus baru COVID-19 yang ditularkan secara lokal pada Rabu 30 Juni 2021 ketika empat kota besar menjalani penguncian keras untuk menahan penyebaran varian Delta.

Sekitar satu dari dua warga Australia berada di bawah perintah tinggal di rumah dengan Sydney, kota terbesar di negara itu, di bawah penguncian dua minggu hingga 9 Juli, sementara Perth, Brisbane, dan Darwin dalam penguncian cepat hingga akhir pekan ini. Demikian mengutip Channel News Asia, Rabu (30/6/2021).

Pembatasan ketat, termasuk masker wajib dan pembatasan pertemuan, telah diberlakukan di sebagian besar kota besar lainnya.

Jumlah kasus baru NSW harian naik sedikit dari dua hari sebelumnya, tetapi masih di bawah puncak wabah saat ini dari 30 kasus baru yang dilaporkan pada hari Minggu, dan 22 semuanya terkait dengan kasus sebelumnya.

"New South Wales menunjukkan tingkat kasus yang stabil pada tahap ini ... tetapi hingga saat ini ketakutan kami tentang eskalasi besar belum terwujud dan kami tentu ingin tetap seperti itu," kata Perdana Menteri negara bagian Gladys Berejiklian kepada wartawan di Sydney.

Negara bagian NSW telah mencatat total sekitar 170 kasus baru yang ditularkan secara lokal sejak infeksi pertama terdeteksi dua minggu lalu pada pengemudi limusin yang mengangkut awak maskapai luar negeri.

2 dari 3 halaman

Kasus Lokal

Queensland melaporkan tiga kasus COVID-19 baru yang didapat secara lokal pada hari Rabu, hari pertama penguncian cepat dari empat hari yang diberlakukan di ibu kota negara bagian Brisbane setelah seseorang yang terinfeksi varian Delta mengunjungi beberapa tempat selama 10 hari sementara tanpa sadar menular.

Perth, ibu kota Australia Barat, berada di bawah penguncian empat hari hingga hari Sabtu, sementara penduduk di kota utara Darwin harus tinggal di rumah kecuali untuk alasan mendesak hingga Jumat sore.

Penguncian, jarak sosial yang ketat, pelacakan kontak yang cepat, dan kepatuhan komunitas yang tinggi telah membantu Australia meredam wabah sebelumnya dan menjaga angka COVID-19 relatif rendah.

Australia telah melaporkan lebih dari 30.550 kasus dan 910 kematian sejak pandemi dimulai.

3 dari 3 halaman

Infografis Perbedaan Gejala COVID-19 Varian Alpha, Beta dan Delta: