Sukses

Joe Biden Tiba di Jenewa untuk Hadiri Pertemuan Perdana dengan Putin

Liputan6.com, Jenewa - Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di Jenewa, Swiss, pada selasa (15/6) untuk menghadiri pertemuan pertamanya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya selalu siap," kata Biden kepada wartawan sambil tersenyum, seperti dilansir dari AFP, Rabu (16/6/2021).

Pernyataan itu ia sampaikan ketika ditanya apakah dirinya siap untuk pertemuan dengan Putin.

Pertemuan tersebut akan berlangsung di sebuah vila tepi danau di Jenewa, mengingatkan pada pertemuan Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev di Swiss pada tahun 1985.

Pertemuan Biden-Putin di vila La Grange itu diperkirakan akan dimulai sekitar pukul 01.00 siang waktu setempat dan berlangsung selama lima jam.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Sesi Makan Bersama

Namun, Biden dan Putin disebut tidak akan melakukan sesi makan bersama.

"Tidak akan ada pembagian roti," kata seorang pejabat senior AS di pesawat Air Force One, yang enggan disebutkan namanya.

Salah satu dari sedikit hal yang dapat disepakati kedua belah pihak adalah bahwa hubungan AS-Rusia berada di titik terendah sejak momen-momen ketegangan kedua negara.

Tuduhan serangan dunia maya dan keterlibatan Rusia dalam dua pemilihan Presiden AS terakhir, hingga pelanggaran hak asasi manusia dan agresi terhadap Ukraina serta negara-negara Eropa lainnya, daftar tuduhan AS terhadap Rusia sangat panjang.

3 dari 3 halaman

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.