Sukses

Top 3: Jemaah Internasional Tak Bisa Ikut Haji 2021

Liputan6.com, Jakarta - Kerajaan Arab Saudi telah memustukan bahwa haji 2021 hanya untuk jemaah dalam negeri. Ini artinya jemaah internasional untuk kuota 2020 dan 2021 masih harus sabar menunggu. 

Kuota haji 2021 mencapai 60 ribu orang. Warga asing di Saudi juga boleh melaksanakan haji. Vaksinasi masih menjadi aturan untuk ikut haji. 

Berita mengenai kabar haji menjadi sorotan pembaca isu global di Liputan6.com, Minggu (13/6/2021). 

Kabar lain yang menjadi sorotan adalah Kamboja sebagai ketua ASEAN, serta Tepi Barat antara Israel dan Palestina. Berikut daftar beritanya:

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

1. Arab Saudi Resmi Batasi Kuota Haji 2021

Arab Saudi untuk tahun kedua melarang kedatangan jemaah Haji dari negara lain, dan membatasi penyelenggaraan ibadah itu hanya untuk warga negara dan penduduk di dalam negeri sebagai tanggapan atas pandemi virus corona COVID-19.

Kementerian Haji Saudi juga mensyaratkan bahwa hanya orang-orang berusia antara 18 dan 65 tahun yang telah divaksin atau diimunisasi COVID-19, dan bebas dari penyakit kronis, yang dapat melaksanakan ibadah haji, menurut laporan Saudi Press Agency (SPA) pada Sabtu 13 Juni 2021, dikutip dari Antara (14/6/2021).

 

Baca selengkapnya...

 

3 dari 4 halaman

2. Kamboja Sebagai Ketua ASEAN

Diskusi Panel bertema "The Foreign Policy of Cambodia on Bilateral and Regional Level: Its Impact and Benefits for Indonesia and ASEAN", digelar pada Rabu (9/6).

Acara diskusi itu diselenggarakan atas kerja sama antara KBRI Phnom Penh dan Universitas Diponegoro Semarang, yang bertujuan untuk mendapatkan pandangan dari para akademisi mengenai politik luar negeri Kamboja, posisi dan fokus negara tersebut saat menjabat Ketua ASEAN pada 2022 mendatang.  

 

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Pasukan Israel Tewaskan Remaja Palestina di Tepi Barat

Seorang remaja Palestina telah tewas akibat tembakan Israel selama konfrontasi antara demonstran dan pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki, kata otoritas Palestina.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan pada hari Jumat bahwa "Mohammad Said Hamayel, 15, meninggal dalam konfrontasi" dengan pasukan Israel di dekat Beita, selatan Nablus, di mana puluhan warga Palestina berdemonstrasi menentang perluasan pemukiman Yahudi ilegal di dekatnya dengan mengorbankan tanah mereka, dikutip dari Al Jazeera (12/6).

 

Baca selengkapnya...