Sukses

Ultah ke-70, Jill Biden Jadi Ibu Negara Tertua dalam Sejarah Amerika Serikat Modern

Liputan6.com, Delaware - Kamis 3 Juni 2021 adalah hari lahir ibu negara AS saat ini, Jill Biden. Meski telah menjadi wanita nomor satu di negaranya, tak ada perayaan meriah atas hal tersebut.

Sederhana, mungkin bisa dibilang seperti itu. Ia hanya terlihat bersepeda santai di sekitar pantai bersama suaminya, Presiden AS Joe Biden.

Presiden AS dan ibu negara Jill Biden - dengan beberapa agen Secret Service di belakangnya - bersepeda di jalan setapak Cape Henlopen State Park di dekat rumah pantai Delaware mereka.

Anggota keluarga besar diharapkan bergabung dengan pasangan orang nomor satu di AS itu pada hari Kamis, termasuk putri mereka Ashley Biden, yang tinggal di Philadelphia.

Laporan CNN yang dikutip Jumat (4/6/2021) menyebut, ulang tahun ke-70 Jill Biden menandai tonggak sejarah lain di luar usianya. Dia sekarang menjadi ibu negara tertua dalam sejarah Amerika Serikat modern.

First lady atau ibu negara AS tertua lainnya di Gedung Putih adalah Bess Truman, Nancy Reagan dan Barbara Bush, yang masing-masing berusia 67 tahun ketika suami mereka meninggalkan kantor.

Usia rata-rata ibu negara di Gedung Putih selama beberapa dekade terakhir adalah 50 tahun; Helen Taft, Grace Coolidge, Eleanor Roosevelt, Rosalynn Carter, Hillary Clinton, Michelle Obama dan Melania Trump semuanya menandai tahun ke-50 mereka selama pemerintahan suami mereka.

Meskipun secara teknis Jill Biden lebih tua dari pendahulunya, ia merupakan warga senior Amerika yang aktif. Dia pergi ke kelas olahraga Barre dua sampai tiga kali seminggu, dan dia telah menjadi pelari yang rajin hampir sepanjang hidupnya.

Teman-teman mengatakan dia adalah pemakan yang sehat -- tidak seperti Joe Biden, yang menyukai es krim, Jill Biden bukanlah seorang penggemar makanan tersebut.

Presiden AS dan ibu negara diharapkan kembali ke Gedung Putih pada hari Jumat, dan melewati akhir pekan di Washington.

2 dari 2 halaman

Ulang Tahun yang Tenang

Presiden AS Joe Biden bergabung dengan istrinya di rumah pantai mereka sejak Rabu 2 Mei 2021 malam untuk menandai apa yang dikatakan juru bicara ibu negara, Michael LaRosa, akan menjadi quiet birthday atau ulang tahun yang tenang di rumah pantai mereka. Tidak ada keluarga atau teman yang diperkirakan bakal bergabung dengan mereka.

Perjalanan itu merupakan liburan tengah minggu yang langka dari Gedung Putih oleh seorang presiden. Itu juga merupakan kunjungan pertama Biden ke rumah liburan pasangan itu sejak dia menjabat pada bulan Januari.

Mengutip CNN dari jubir Michael LaRosa, rumah pantai senilai $2,7 juta, yang dibeli pasangan Joe-Jill Biden pada tahun 2017, terletak di komunitas tepi laut dan dari tiga tempat tinggal keluarga Bidens (termasuk rumah keluarga di Wilmington, Delaware, dan Gedung Putih), beberapa orang yang mengenalnya mengatakan kepada CNN itu adalah favorit Jill Biden.

"Siapa pun yang mengenal ibu negara tahu betapa dia menikmati waktunya di rumah di Rehoboth," tegas LaRosa.

Joe Biden diperkirakan bakal kembali ke Gedung Putih pada Jumat 4 Juni waktu setempat.

Jill Biden, seorang profesor bahasa Inggris di community college, baru-baru ini menyelesaikan mengajar kursus di Northern Virginia Community College secara virtual. Dia tidak akan mengajar selama musim panas.