Sukses

Selamatkan ABK KM Bandar Nelayan 188, Kru Kapal FV Fukuseki Maru 15 Diberi Penghargaan KBRI Tokyo

KBRI Tokyo memberikan penghargaan kepada pemilik kapal-nahkoda-kru FV Fukuseki Maru 15 yang membantu penyelamatan ABK WNI KM Bandar Nelayan 188.

Liputan6.com, Tokyo - Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi memberikan penghargaan kepada pemilik kapal, nahkoda dan kru FV Fukuseki Maru 15 yang telah membantu penyelamatan tehadap awak Kapal Motor Bandar Nelayan 188.

Acara pemberian penghargaan itu pun digelar langsung oleh KBRI Tokyo pada Rabu 2 Juni 2021.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh sejumlah pertunjukan tarian dan musik tradisional Indonesia.

Dubes Heri Akhmadi mengatakan, Pemerintah Indonesia melalui KBRI Tokyo menyampaikan apresiasi atas operasi penyelamatan yang dilakukan kapal penangkap ikan Jepang FV Fukuseki Maru 15.

"Momentum yang kita peringati hari ini adalah untuk memberi penghargaan atas keberanian dari awak kapal Jepang yang berada di lautan Hindia. Kehadiran para awak kapal itu menunjukan kepedulian yang luar biasa sebagai bentuk persaudaraan Jepang - Indonesia," kata Dubes Heri Akhmadi. Demikian dalam rilis KBRI Tokyo pada Rabu (2/6/2021).

Dubes Heri Akhmadi menambahkan, bahwa hubungan baik kedua negara ini tidak hanya ditandai dengan hubungan erat antar negara dan pihak swasta, tetapi juga antara rakyat kedua negara.

"Esensi acara ini adalah untuk menghormati dan mengapresiasi hubungan baik kedua negara, baik antar pemerintah, swasta dan masyarakat. Terima kasih kepada berbagai pihak. Semoga hubungan baik ini semakin kuat," tutur Dubes Heri Akhmadi.

Diketahui bahwa KM Bandar Nelayan 188 mengalami kecelakaan dan tenggelam di Samudera Hindia sekitar 650 mil laut sebelah barat Perth, Australia.

Merespon permintaan bantuan penyelamatan, kapal ikan Jepang yang berada dekat lokasi, FV Fukuseki Maru 15 berhasil mengevakuasi seluruh awak KM Bandar Nelayan 118 pada 15 Mei 2021.

Para ABK WNI tersebut kemudian dipindahkan ke kapal Angkatan Laut Australia, HMAS Anzac yang tiba di lokasi untuk membantu penyelamatan dan pertolongan medis. 

Seluruh ABK WNI itu telah berhasil dipulangkan ke tanah air pada 21 Mei 2021 dengan Kapal Perang AL Australia HMAS ANZAC melalui Pelabuhan Tanjung Benoa, Bali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Presiden Kapal Fukuseki Maru Sampaikan Terima Kasih

Presiden Kapal Kabushiki Kaisha Fukuseki Maru, Kenichi Nishikawa, juga menyampaikan ucapan terima kasihnya.

Menurut Nishikawa, penghargaan ini akan semakin memperkuat kerja sama maritim dan perikanan kedua negara.

"Terima kasih atas penghargaan dan acara yang meriah ini. Penghargaan ini kami persembahkan juga untuk para para awak kapal asal Indonesia. Ke depannya kami berharap bisa terus menjalin kemitraan di bidang maritim dan perikanan Indonesia dan Jepang," tutur Nishikawa, usai menerima penghargaan dan pengalungan Tenun Ikat Flores dari Dubes Heri Akhmadi sebagai tanda persaudaraan.

Mewakili Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto mengatakan penghargaan yang diberikan Dubes Heri Akhmadi kepada pihak perusahaan, kapten dan awak kapal FV Fukuseki Maru 15 semakin mengukuhkan kemitraan strategis Indonesia Jepang yang sudah terjalin selama ini.

"Sahabat dari hati ke hati tentu akan selalu siap untuk turun tangan membantu kapanpun. Seperti halnya dalam peristiwa ini. Kiranya episode baik dalam hubungan bilateral RI-Jepang yang bersejarah ini dapat semakin memperkokoh kemitraan kedua negara di masa yang sulit ini," kata Santo Darmosumarto.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang Hajime Ueda, mengapresiasi penghargaan yang diberikan Dubes Heri Akhmadi kepada pihak perusahaan, kapten dan awak kapal FV Fukuseki Maru 15.

"Saya sangat bahagia bahwa semua awak kapal KM Bandar Nelayan 188 selamat. Mewakili pemerintah Jepang, saya mengucapkan terima kasih atas penganugerahan ini. Semoga kerja sama ke depan terus terjalin," ungkap Hajime Ueda.

Adapun pernyataan tertulis dari Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, yang dibacakan oleh Pejabat Kementerian Perhubungan untuk mengapresiasi pemilik kapal FV Fukuseki Maru 15, termasuk kapten dan kru kapal atas upaya penyelamatan terhadap ABK WNI KM Bandar Nelayan 188.

"Kami berharap tindakan ini menjadi inspirasi solidaritas para pelaut diseluruh dunia. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada komunitas maritim Jepang yaitu para pemilik kapal, asosiasi perikanan, perkumpulan ABK dan juga japan coastguard atas kerja sama yang baik bagi ABK Indonesia di Jepang," kata pernyataan tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.