Sukses

Asap Membumbung Kala Roket Militer Israel Hantam Gaza

Tentara Israel mengatakan pasukan udara dan darat terlibat dalam serangan pada Jumat (14/5).

Liputan6.com, Gaza - Peningkatkan serangannya di Gaza terus dilakukan oleh militer Israel. Hamas terus menembakkan roket ke Israel pada hari kelima konflik.

Tentara Israel mengatakan, pasukan udara dan darat terlibat dalam serangan pada hari Jumat tetapi belum memasuki Gaza.

Ledakan yang disebabkan oleh serangan udara Israel di Jalur Gaza terlihat pada Selasa (11/5/2021) pagi. Israel membalas roket kelompok Hamas, yang merupakan respons atas kerusuhan Al-Aqsa, dengan meluncurkan serangan udara ke perbatasan Gaza. (AP Photo/Khalil Hamra)

Mengutip BBC, Jumat (14/5/2021), video dari Kota Gaza menunjukkan langit malam diterangi oleh ledakan artileri Israel, kapal perang, dan serangan udara.

Lebih dari 100 orang telah tewas di Gaza dan tujuh lainnya di Israel sejak pertempuran dimulai pada hari Senin (10/5).

Militan Palestina Hamas meluncurkan roket menuju Israel dari Rafah, di Jalur Gaza selatan, Rabu (12/5/2021) dinihari. Hamas menyatakan mereka telah menembakkan lebih dari 200 roket ke Israel sebagai pembalasan atas serangan di sebuah blok menara di Gaza. (SAID KHATIB / AFP) 

Sementara itu, massa Yahudi dan Israel-Arab telah bertempur di Israel, mendorong presidennya untuk memperingatkan perang saudara.

Menteri Pertahanan Benny Gantz memerintahkan "penguatan besar-besaran" terhadap pasukan keamanan untuk menekan kerusuhan internal yang telah menyebabkan lebih dari 400 orang ditangkap.

Roket diluncurkan dari Jalur Gaza ke Israel, Jumat (14/5/2021). Departemen Luar Negeri AS menyarankan warganya untuk mempertimbangkan kembali perjalanan apa pun yang mungkin telah mereka rencanakan ke Israel dan Palestina karena meningkatnya kekerasan Israel-Palestina. (AP Photo/Khalil Hamra) 

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengusulkan untuk memberlakukan "penahanan administratif" bagi para perusuh.

Tindakan kontroversial tersebut akan memungkinkan pihak berwenang untuk menahan orang untuk waktu yang lama tanpa dakwaan.

Roket diluncurkan dari Jalur Gaza ke Israel, Jumat (14/5/2021). Mliter Israel mengatakan pasukan darat dan udara menyerang Gaza dalam apa yang tampaknya merupakan serangan terberat. (AP Photo/Khalil Hamra) 

Di Gaza, warga Palestina yang diserang oleh pasukan Israel, telah melarikan diri dari daerah yang dekat dengan perbatasan Israel.

Militer Israel mengatakan telah melakukan operasi semalam untuk menghancurkan jaringan terowongan Hamas, tetapi tidak ada pasukan yang memasuki Gaza.

Asap membumbung menyusul serangan rudal Israel di Kota Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). Pertempuran antara Israel dengan Hamas yang menguasai Gaza terus berlanjut. (AP Photo/Khalil Hamra)

Sementara itu, Hamas melepaskan tiga tembakan lagi yang berjumlah sekitar 55 roket ke Israel pada Kamis malam.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.